PENERAPAN SOP PEMOTONGAN HEWAN PADA SAPI TERHADAP KUALITAS DAGING ASUH DI RUMAH POTONG HEWAN (RPH) PEGIRIAN KOTA SURABAYA

YULINDA NAJIKHATUL MUJRIYAH, 151511213047 (2018) PENERAPAN SOP PEMOTONGAN HEWAN PADA SAPI TERHADAP KUALITAS DAGING ASUH DI RUMAH POTONG HEWAN (RPH) PEGIRIAN KOTA SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK FV.KT.28-18 Muj p ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FV.KT.28-18 Muj p TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only until 16 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pengamatan ini maka dapat disimpulkan bahwa : 1. SOP pemotongan di Rumah Potong Hewan Pegirian meliputi tiga tahap yaitu tahap sebelum pemotongan, tahap pemotongan dan tahap sesudah pemotongan. 2. Rumah Potong Hewan Pegirian secara garis besar sudah memenuhi SOP pemotongan dalam mendapatkan daging ASUH, dimulai dari tahap sebelum pemotongan hingga tahap sesudah pemotongan. Saran Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan penulis dapat memberikan saran sebagai berikut : 1. Penambahan tenaga veteriner untuk memaksimalkan tugas dan fungsi di Rumah Potong Hewan dalam melakukan pemeriksaan sebelum pemotongan (antemortem) dan sesudah pemotongan (postmortem) agar dapat mewujudkan daging ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal). 2. Perbaikan kandang penampungan saat hewan ternak datang sebelum pemotongan dilakukan. 3. Perlu ditegakkan peraturan registrasi dengan menggunakan surat-surat dokumen pada hewan ternak sebelum hewan ternak diturunkan ke kandang penampungan. 4. Proses administrasi perlu ditertibkan lagi agar tidak ada penundaan dalam biaya pemotongan. 5. Melakukan pemberitahuan pada petugas pemotongan agar memakai pakaian yang layak saat melakukan pemotongan. 6. Ruang pelayuan difungsikan kembali seperti sebelumnya agar mendapatkan kualitas baik saat sebelum diedarkan. 7. Penanganan IPAL lebih diperhatikan perbaikan pada alat penanganannya. 8. Perbaikan dalam proses desinfektan untuk ruang pemotongan seperti bahan cair yang tidak mencemari daging dan aman digunakan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.KT.28/18 Muj p
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF380-388 Goats
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Kesehatan Ternak
Creators:
CreatorsNIM
YULINDA NAJIKHATUL MUJRIYAH, 151511213047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Damayanti, drh., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 16 Jan 2019 10:47
Last Modified: 16 Jan 2019 10:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79031
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item