MEKANISME KOPING REMAJA PUTRI DALAM MENGHADAPI DISMENOREA

LISA UKTOLSEYA, 101111371 (2018) MEKANISME KOPING REMAJA PUTRI DALAM MENGHADAPI DISMENOREA. Skripsi thesis, Fakultas Kesehatan Masyarakat.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (108kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 17 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dismenorea primer merupakan nyeri haid yang disebabkan oleh kontraksi otot rahim. Dismenorea dapat membuat seseorang meninggalkan aktivitasnya dikarenakan tidak nyamannya perasaan fisik dan psikis. Ada dua penilaian primer terkait ancaman dismenorea yaitu perceived susceptibility dan perceived severity. Dengan dilakukannya penilaian tersebut, maka individu memiliki mekanisme koping yang berbeda-beda dan terbagi dalam dua kategori, yaitu manajemen masalah dan regulasi emosional. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis mekanisme koping yang dilakukan remaja putri dalam menghadapi dismenorea. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif observasional analitik dengan dengan desain penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswi SMA Bina Bangsa Surabaya kelas 10 dan 12 dengan jumlah 40 siswi. Sampel dalam penelitian ini adalah total populasi namun terjadi drop out sehingga didapatkan 32 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 32 responden, sebagian besar mengalami dismenorea ringan (56,3%). Secara penilaian perceived susceptibility, 62,5% responden menganggap dirinya rentan terpapar dismenorea. Secara penilaian perceived severity, didapatkan bahwa hampir seluruh responden mengganggap dismenorea adalah penyakit parah (90,6%). Berdasarkan hasil uji chi-square, tidak terdapat hubungan bermakna antara derajat dismenorea dengan upaya koping manajemen masalah maupun regulasi emosional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah derajat dismenorea sebagian siswi masuk dalam kategori ringan. Siswi menganggap bahwa mereka rentan terkena dismenorea dan merasa bahwa dismenorea merupakan penyakit yang parah. Siswi lebih cenderung melakukan upaya koping regulasi emosional jika dibandingkan dengan manajemen masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 354/18 Ukt m
Uncontrolled Keywords: dysmenorrhea, primary appraisal, coping effort
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
LISA UKTOLSEYA, 101111371UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuji Sulistyowati, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2019 01:38
Last Modified: 17 Jan 2019 01:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79035
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item