MANAJEMEN SISTEM PERKANDANGAN SAPI POTONG TERHADAP PENYAKIT KASKADO DI PETERNAKAN AGUNG GROUP DUSUN KEDUNG BIRU KELURAHAN KALI TENGAH KECAMATAN PANGGUNGREJO KABUPATEN BLITAR

RESTU IKO FEBRIANDIKA, 151511213036 (2018) MANAJEMEN SISTEM PERKANDANGAN SAPI POTONG TERHADAP PENYAKIT KASKADO DI PETERNAKAN AGUNG GROUP DUSUN KEDUNG BIRU KELURAHAN KALI TENGAH KECAMATAN PANGGUNGREJO KABUPATEN BLITAR. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK FV.KT.38-18 Feb m ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FV.KT.38-18 Feb m TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only until 17 January 2022.

Download (779kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Perternakan Agung Group Dusun Kedung Biru Desa Kalitengah Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar, dapat disimpulkan bahwa : Banyaknya penyakit kaskado di peternakan Agung Group pemicunya adalah santasi kandang dan juga manajemen kandang yang kurang diperhatikan. Karena sanitasi yang dilakukan tidak rutin, dan juga manajemen kandang yang kurang diperhatikan. Seperti tidak adanya saluran untuk feses melainkan hanya ada tempat penampungan limbah sementara. Tempat penampungan limbah sementara tersebut juga tidak memiliki tempat khusus yang sewaktu - waktu dapat mengotori kandang yang letaknya ada di bawah atau lebih rendah dari kandang yang berada di atas. Hal tersebut menyebabkan banyak lalat yang muncul di sekitar kandang. Dan menghinggapi luka pada kulit sapi tersebut, sehingga mayoritas sapi potong yang ada di peternakan Agung Group terjangkit penyakit kaskado. Pencegahan dan penanganan penyakit kaskado di peternakan Agung Group penting di lakukan, mengingat banyak sekali sapi potong di peternakan Agung Group ini terjangkit penyakit kaskado. Karena untuk saat ini peternakan tersebut belum melakukan pencegahan penyakit kaskado dan penanganan penyakit tersebut juga kurang maksimal. Saran Beberapa saran dapat dijadikan masukan untuk Perternakan Agung Group Dusun Kedung Biru Desa Kalitengah Kecamatan Pangunggrejo Kabupaten Blitar, antara lain: 1. Sebaiknya pemilik membuat saluran untuk feses sehingga feses tersebut tidak mengotori kandang yang lainya dan mudah di bersihkan 2. Sebaiknya palungan dibuat lebih besar dan memiliki permukaan yang rata sehingga tidak melukai kulit wajah sapi potong saat makan maupun minum. 3. Perlunya sanitasi rutin hal ini juga termasuk salah satu pencegahan untuk mengurangi populasi lalat yang ada di peternakan Agung Group 4. Sebaiknya juga perlu di lakukan pencegahan menggunakan desinfektan serta meningkatkan penanganan penyakit kaskado dengan baik dan benar. 5. Sebaiknya membuat kandang isolasi untuk meminimalisir penularan penyakitKaskado. 6. Sebaiknya dibuatkan tempat minum untuk sapi supaya mudah sapi untuk minum dan tidak terlalu membuang tenaga untuk pemberian air minum.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.KT.38/18 Feb m
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF380-388 Goats
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Kesehatan Ternak
Creators:
CreatorsNIM
RESTU IKO FEBRIANDIKA, 151511213036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIwan Sahrial Hamidi, Dr., drh., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 17 Jan 2019 05:50
Last Modified: 17 Jan 2019 05:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79063
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item