PENERAPAN PERSONAL HYGIENE DAN SANITASI PADA MALAY SECTION DI KITCHEN DEPARTEMENT DI HOTEL NEW YORK JOHOR BAHRU MALAYSIA

Meli Nur Zalina Agustina, 151511113051 (2018) PENERAPAN PERSONAL HYGIENE DAN SANITASI PADA MALAY SECTION DI KITCHEN DEPARTEMENT DI HOTEL NEW YORK JOHOR BAHRU MALAYSIA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak kkb kk-2 fv.mp 45-18 Agu p-min.pdf

Download (26kB)
[img] Text (FULLTEXT)
kkb kk-2 fv.mp 45-18 Agu p-min.pdf
Restricted to Registered users only until 18 January 2022.

Download (305kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Brownell (R. Sihite. 2000:3) mendefinisikan hygiene adalah bagaimana caranya orang memelihara dan melindungi kesehatan. Sedangkan Hopkins mengatakan bahwa sanitasi adalah cara pengawasan terhadap faktor-faktor lingkungan yang mempunyai pengaruh terhadap kesehatan.Hotel memiliki standart tersendiri yang ditekankan kepada setiap karyawananya agar dapat menjaga kebersihan diri juga peralatan yang akan diinginkan dalam mengelolah bahan makanan dan untuk dapat menimbulkan kepercayaan tamu hotel terhadap kebersihan dan kualitas makanan yang dikelolah oleh karyawan dapur karena baik buruknya suatu hotel ditentukan dari mutu dan kualitas makanan yang disajikan. Kitchen Hotel New York Johor Bahru dibagi menjadi beberapa section antara lain : Kitchen Western, Kitchen Chines, Cold Kitchen, dan Malay Kitchen. Di malay section ini bertugas membuat makanan khas melayu. Untuk penerapan personal hygiene dan sanitasi malay section mengikuti prosedur yang ada dihotel dengan mencuci tangan sebelum melakukan pekerjaan, membersihkan area memasak sebelum memulai membuatkan makanan untuk tamu hotel. Dan selalu menjaga kebersihan uniform dan area dapur. Tetapi di Hotel New York Johor Bahru personal hygiene dan sanitasi masih belum dterapkan secara maksimal. Karena kurangnya pengetahuan dan sosialisasi tentang personal hygiene dan sanitasi. Ada beberapa yang masih belum diterapkan oleh staff di Hotel New York Johor Bahru masih ada beberapa karyawan yang tidak mencukur kumis, jenggot, rambut dan ada juga yang mewarnai rambut padahal untuk standart hotel karyawan harus bersih dan rapi. Masih banyak juga karyawan yang mengambil/prepare makanan tanpa menggunakan handglove, Dan chef yang memasak makanan juga sering tidak memakai topi saat mereka membuat makanan untuk para tamu hotel. Para karyawan yang keluar masuk toilet hanya mencuci tangan dengan air saja tanpa memakai sabun atau tidak mencuci tangan sama sekali dan inilah yang membuat timbulnya bakteri-bakteri pada makanan. Begitupun sanitasi pada malay kitchen juga masih belum diterapkan dengan baik seperti dinding ataupun ventilasi dapur dibersihkan setelah ventilasi tersebut menghitam atau sangat kotor/berminyak. Di Malay Kitchen pembuangan limbah yang sering tersumbat oleh sampah sehingga air limbah tersebut keluar dari tempatnya dan sangat mengganggu kerja karyawan, Untuk kebersihan sanitasi area dapur masih banyak staff yang menggantungkan tanggung jawab kepada steward atau staff yang lain. Dalam proses personal haygiene dan sanitasi tidak semua staff Malay Kitchen menerapkan personal hygiene dan sanitasi.Jika personal hygiene dan sanitasi ini diterapkan secara terus menerus dan sesuai dengan SOP di Hotel New York Johor Bahru Malaysia akan memberi keuntungan bagi karyawan dan tamu hotel yang menikmati makanan yang diberikan kepadanya

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.MP 45/18 Agu p
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan
Creators:
CreatorsNIM
Meli Nur Zalina Agustina, 151511113051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDIAN YULIE REINDRAWATI, S.Sos., M.M., PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 18 Jan 2019 03:28
Last Modified: 18 Jan 2019 03:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79115
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item