EVALUASI SARANA PENYELAMATAN DIRI (MEANS OF ESCAPE) DI PT. SARANA DWI MAKMUR SIDOARJO

AFIF KURNIAWAN FITRAH, 151511713035 (2018) EVALUASI SARANA PENYELAMATAN DIRI (MEANS OF ESCAPE) DI PT. SARANA DWI MAKMUR SIDOARJO. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
KKC KK FV. HKK.30-18 Fit p abstrak.pdf

Download (101kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FV. HKK.30-18 Fit p.pdf
Restricted to Registered users only until January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sarana penyelamatan diri (means of escape) / moe merupakan bagian yang seharusnya tersedia pada bangunan khususnya gedung bertingkat yang berfungsi sebagai sarana penyelamatan diri ketika terjadi keadaan darurat. Kelengkapan moe terdiri dari pintu darurat, tangga darurat, tanda petunjuk arah, pencahayaan darurat dan titik kumpul. Penelitian ini betujuan untuk mengevaluasi kondisi sarana penyelamatan diri yang tersedia di PT Sarana Dwi Makmur. Penelitian ini termasuk penelitian observasional deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi lapangan, wawancara serta pengukuran. Variabel yang di teliti meliputi koridor, pintu darurat, tangga darurat, arah jalur evakuasi, pencahayaan darurat, titik kumpul. Data yang terkumpul akan di sajikan secara deskriptif dengan cara membandingkan dengan cara membandingkan data penelitian dan persyaratan Permen PU No: 26/PRT/M/2008 dan SNI 03-1746-2000. Hasil penelitian menunjukkan persyaratan moe yang belum dipenuhi adalah 2 persyaratan koridor, 2 persyaratan pintu darurat, 1 persyaratan tangga darurat, 3 persyaratan tanda petunjuk arah, 1 persyaratan titik kumpul dan tidak tersedianya pencahayaan darurat. Disimpulkan bahwa semua perlengkapan moe belum memenuhi persyaratan. Sebaiknya pihak perusahaan segera melengkapi moe seperti penambahan jalur keluar melalui tangga darurat, pemberian spinkler dan smoke detector pada akses menuju jalan keluar, menentukan pintu darurat serta diberikan tanda, mengganti tanda petunjuk arah, memasang pencahayaan darurat dan melakukan peletakkan ulang titik kumpul.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK. 30/18 Fit e
Uncontrolled Keywords: Sarana Penyelamatan Diri, Means Of Escape
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV551.2-639 Emergency management
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
AFIF KURNIAWAN FITRAH, 151511713035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErwin Dyah Nawawinetu, dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 21 Jan 2019 06:30
Last Modified: 25 Jan 2019 04:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79154
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item