MANAJEMEN PEMBENIHAN IKANKOAN (CTENOPHARYNGODON IDELLA)DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR (BBPBAT) SUKABUMI JAWA BARAT.

SOFI MAULANA, 141411131096 (2018) MANAJEMEN PEMBENIHAN IKANKOAN (CTENOPHARYNGODON IDELLA)DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR (BBPBAT) SUKABUMI JAWA BARAT. FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text (Fulltext)
235 18 Mau m.pdf
Restricted to Registered users only until 18 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan koan (Ctenopharyngodon idella) merupakan salah satu komoditas ikan budidaya di Indonesia. Ikan koan atau nama lainnya ikan grass carp ini merupakan ikan herbivora yang sering dimanfaatkan dalam pemberantasan gulma air. Selain sebagai ikan biosecurity ikan koan juga merupakan salah satu komoditas ikan air tawar yang menjadi ikan ekonomis penting dalam bidang perikanan di kalangan masyarakat umum. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang adalah untuk mengetahui, mempelajari serta memahami berbagai hambatan dan kendala teknis secara langsung tentang manajemen pembenihan ikan koan. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi Desa Cikole, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat pada tanggal 23 Januari – 23 Februari 2017. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara partisipasi aktif, observasi, awancara, dan studi pustaka. Kegiatan pembenihan ikan koan yang ada di Balai Besar Perikanan Budiadaya (BBPBAT) Sukabumi dimulai dari persiapan dan pemeliharaan induk dengan pemberian pellet 3% biomassa. Seleksi induk, persiapan kolam pemijahan, pemberokan serta penyuntikan ovaprim dengan dosis 0.5 ml/kg, menggunakan teknik induce spawning. Penetasan telur dan perawatan larva pada kolam fiber, kualitas air kolam pendederan 24,2 – 24,3 oC, pH 7,44 – 7,61, dan DO 5,24 – 5,34 ppm, pengendalian hama dan penyakit, pemanenan, packing dan transportasi serta analisa usaha. Kendala yang dirasakan selama praktek kerja lapang adalah mengenai tingginya tingkat predator pada benih ikan koan selama masa pendederan

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL. PK. BP. 235/18 Mau m
Uncontrolled Keywords: Ctenopharyngodon Idella, Sukabumi
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
SOFI MAULANA, 141411131096UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Arief, Ir., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 18 Jan 2019 08:14
Last Modified: 22 Jan 2019 04:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79158
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item