PENATAAN STRUKTUR PERANGKAT DAERAH MELALUI RIGHTSIZING ORGANISASI SEBAGAI BENTUK REFORMASI BIROKRASI (STUDI KASUS PEMBENTUKAN DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN KOTA SURABAYA)

Katarina Agung Ikawati, 071411131039 (2018) PENATAAN STRUKTUR PERANGKAT DAERAH MELALUI RIGHTSIZING ORGANISASI SEBAGAI BENTUK REFORMASI BIROKRASI (STUDI KASUS PEMBENTUKAN DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.95 18 Ika p.pdf

Download (113kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.95 18 Ika p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penataan organisasi kelembagaan dalam Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya yang dihubungkan dengan konsep rightsizing. Selain itu, untuk mengetahui sudah kah proses rightsizing tersebut sesuai dengan pelaksanaan reformasi birokrasi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan secara rinci proses rightsizing penataan organisasi kelembagaan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori rightsizing yang terdiri dari 3 tahapan yakni penentuan kebijakan strategis, pembagian satuan organisasi dan penataan pegawai. Peneliti juga menggunakan teknik purposive sampling yang mana untuk menentukan informan dengan mempertimbangkan pengetahuannya tentang kerjasama antara kedua belah pihak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya mengalami penataan organisasi yang merupakan salah satu area perubahan dari reformasi birokrasi. Dalam penataan tersebut, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya merupakan gabungan dari Dinas Pertanian dan Kantor Ketahanan Pangan Surabaya yang mempunyai 3 bidang urusan yakni pertanian, ketahanan pangan, serta perikanan dan kelautan. Penggabungan ini dilakukan secara rightsizing karena sangat sesuai dengan kebutuhan dan potensi organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.95/18 Ika p
Uncontrolled Keywords: rightsizing, Penataan Organisasi, Kelembagaan, Reformasi Birokrasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8751-9295 Life insurance > HG8901-8914 Government policy. State supervision
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Katarina Agung Ikawati, 071411131039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSulikah Asmorowati, S.Sos., M.DevSt., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 18 Jan 2019 09:27
Last Modified: 18 Jan 2019 09:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79176
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item