IDENTIFIKASI Coliform DAN Escherichiacoli PADA PRODUK RAJUNGAN DI BALAI PENGUJIAN DAN PENERAPAN MUTU HASIL PERIKANAN SEMARANG, JAWA TENGAH

FAREZZA FERDYNA NANDA SUMARTONO, 081511233059 (2018) IDENTIFIKASI Coliform DAN Escherichiacoli PADA PRODUK RAJUNGAN DI BALAI PENGUJIAN DAN PENERAPAN MUTU HASIL PERIKANAN SEMARANG, JAWA TENGAH. FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (265kB)
[img] Text (Fulltext)
242 18 Sum i.pdf
Restricted to Registered users only until 21 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tantangan besar yang sedang dihadapi Indonesia yaitu masalah keamanan pangan. Persyaratan keamanan pangan menjadi salah satu hambatan untuk memasuki pasar ekspor, terutama pada kualitas produk yang tidak memenuhi standar negara pengimpor yang dituju. Perlu dilakukan pengujian produk hasil perikanan sebelum mengekspor produk, agar produk yang dihasilkan memiliki mutu yang baik sehingga dapat mengurangi pengembalian dan penahanan oleh negara tujuan. Analisis cemaran bakteri Escherichia coli pada produk rajungan kaleng menggunakan metode Angka paling memungkinkan (APM). Dengan tahapan sesuai standar SNI 2332.1:2006 yaitu persiapan pengujian dengan menimbang sampel dan melakukan pengenceran, uji pendugaan Coliform dengan menggunakan media LTB, uji pendugaan Escherichia coli dengan menggunakan media EC broth, uji penegasan Escherichia coli dengan menggunakan media EMBA, uji biokimia terdiri dari Uji Indol, Uji Methyl Red, Uji Voges Proskauer, Uji Sitrat atau IMViC. Tahap pengujian tersebut, membutuhkan waktu 7 hari. Maka dari itu diperlukan untuk menambahkan metode baru seperti ISO 16649-3:2005 dengan proses yang lebih cepat dalam menganalisis bakteri Escherichia coli.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL. PK. BP. 242/18 Sum i
Uncontrolled Keywords: Escherichia coli, Canned Crab Products, Semarang
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
FAREZZA FERDYNA NANDA SUMARTONO, 081511233059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWahju Tjahjaningsih, Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 21 Jan 2019 03:10
Last Modified: 22 Jan 2019 04:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79240
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item