KORELASI ANTARA BENTUK LENGKUNG MAKSILA DAN MANDIBULA DENGAN RASIO UKURAN GIGI PADA ANALISIS BOLTON (Pada Pasien Maloklusi Angle kelas I, kelas II dan kelas III Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Airlangga)

DHANSHA KANNAYYAH, 021511133159 (2018) KORELASI ANTARA BENTUK LENGKUNG MAKSILA DAN MANDIBULA DENGAN RASIO UKURAN GIGI PADA ANALISIS BOLTON (Pada Pasien Maloklusi Angle kelas I, kelas II dan kelas III Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Airlangga). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK KG 147_18 Kan k.pdf

Download (55kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT KG 147_18 Kan k.pdf
Restricted to Registered users only until 21 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam tulisan ini, dijelaskan rasio ukuran gigi maksila dan mandibular yang proporsional dan bentuk lengkung adalah antara aspek penting yang menentukan diagnosis dan macam perawatan ortodonti pada pasien maloklusi. Pengukuran rasio ukuran gigi dan bentuk lengkung mudah dilakukan dengan menggunakan studi model praperawatan. Dengan ini, hubungan antara bentuk lengkung dan rasio ukuran gigi mampu memberi gambaran pendahuluan tentang macam perawatan pada pasien maloklusi. Tujuan: Untuk mempelajari tentang korelasi antara bentuk lengkung maksila dan mandibula dengan rasio ukuran pada analisis Bolton gigi pada pasien maloklusi Angle kelas I, kelas II dan kelas III Bahan dan Metoda Penelitian: Sejumlah 135 model studi telah dipilih dengan mengikut kriteria inklusi dan dibagikan dengan 3 kelompok maloklusi menurut Angle yaitu kelas I, kelas II dan kelas III. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisa data yang diambil dari pengukuran rasio gigi maksila dan mandibular dengan menggunakan rumusan analisis Bolton. Bentuk lengkung dikategorikan sebagai ovoid, square dan tapered dengan menggunakan rumusan matematika dengan mengukur lebar dan tinggi interkaninus, interpremolar dan intermolar dengan menggunakan vernier caliper digital dengan tingkat ketelitian 0.01mm (Gauge Block No.020048). Hasil: Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan tidak korelasi antara antara bentuk lengkung dan rasio ukuran gigi dengan menggunakan analisis Bolton Kesimpulan: Rasio ukuran gigi tidak dipengaruhi oleh bentuk lengkung yang sangat bervariasi dan individualistik tetapi dimensi lengkung dapat memberi gambaran tentang diskrepansi ukuran gigi melalui analisis Bolton yang dapat membantu dalam menentukan macam perawatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 147/18 Kan k
Uncontrolled Keywords: Maloklusi Angle kelas I,kelas II dan kelas III , bentuk lengkung, rasio ukuran gigi, analisis Bolton
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
DHANSHA KANNAYYAH, 021511133159UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Gusti Aju Wahju Ardani, Dr., drg., M.Kes., Sp.Ort.(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorAri Triwardhani, Dr., drg., M.Sc., Sp.Ort(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Novita
Date Deposited: 21 Jan 2019 07:07
Last Modified: 21 Jan 2019 07:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79264
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item