IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) DI BALAI KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN KELAS II MATARAM, NUSA TENGGARA BARAT

FIRDA MAULIDA IMANIAR, 14151113316 (2018) IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) DI BALAI KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN KELAS II MATARAM, NUSA TENGGARA BARAT. FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (243kB)
[img] Text (Fulltext)
249 18 Ima i.pdf
Restricted to Registered users only until 21 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang vaname (Litopenaeus vannamei) merupakan spesies introduksi yang dibudidayakan di Indonesia. Udang putih ini berasal dari perairan Amerika Tengah. Negara-negara di Amerika Tengah dan Selatan seperti Ekuador, Venezuela, Panama, Brasil dan Meksiko sudah lama membudidayakan jenis udang yang dikenal juga dengan pasific white shrimp. Tujuan praktek kerja lapang ini adalah untuk mengetahui teknik identifikasi ektoparasit, mengetahui ektoparasit apa saja yang menginfesasi udang vaname, serta memahami permasalahan atau kendala yang timbul di Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Mataram, Nusa Tenggara Barat. Praktek Kerja Lapang ini telah dilaksanakan di Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Klas II Mataram, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 18 Desember 2017 sampai dengan 18 Januari 2018. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode partisipasi aktif. Pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Kegiatan identifikasi parasit pada pemeliharaan udang vannamei adalah kegiatan rutin yang dilakukan di Laboratorium Ektoparasit Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas II Mataram, Nusa Tenggara Barat. Pengambilan sampel parasit udang vannamei pada waktu PKL berasal dari udang vannamei yang diduga terserang penyakit parasit dalam kondisi hidup. Pemeriksaan parasit pada udang vanamei dilakukan secara natif (langsung) dengan cara Scrapping terhadap bagian yang diduga terserang penyakit. Prosedur kerja dari pemeriksaan parasit ini mengacu pada Lightner (1996). Parasit yang menyerang udang vanamei adalah Epistylis sp. dan Vorticella sp. Organisme ini menyerang udang vanamei pada kaki renang.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL. PK. BP. 249/18 Ima i
Uncontrolled Keywords: White Shrimp, Litopenaeus vannamei, Mataram
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
FIRDA MAULIDA IMANIAR, 14151113316UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAdriana Monica SahiduUNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 21 Jan 2019 08:57
Last Modified: 22 Jan 2019 04:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79284
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item