FAKTOR-FAKTOR LABORATORIS YANG MENYEBABKAN KEGAGALAN RESTORASI LOGAM-KERAMIK

DINA NOFA ARINI, 15151051303 (2018) FAKTOR-FAKTOR LABORATORIS YANG MENYEBABKAN KEGAGALAN RESTORASI LOGAM-KERAMIK. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FV. TKG. 33-18 Ari f.pdf
Restricted to Registered users only until 22 January 2022.

Download (883kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Restorasi logam-keramik mempunyai dua komponen utama yaitu koping logam untuk kekuatannya dan keramik untuk estetika. Pada proses pembuatan restorasi bisa terjadi kegagalan berupa bubble, fraktur, chipping, porositas dan kegagalan dalam pewarnaan. Selama mengikuti pendidikan di Teknik Kesehatan Gigi Universitas Airlangga, dijumpai 12 kegagalan yang terjadi diantara 36 mahasiswa pada saat praktikum gigi tiruan keramik. Oleh karena itu, teknisi gigi perlu mengetahui lebih mendalam tentang faktor-faktor laboratoris apa saja yang dapat menyebabkan kegagalan dalam proses pembuatan restorasi logam-keramik. Tujuan: Agar mahasiswa D3 Teknik Kesehatan Gigi dapat memahami faktor-faktor laboratoris apa saja yang menyebabkan kegagalan restorasi logam-keramik. Tinjauan Pustaka: Koping logam merupakan bagian penting dari restorasi logam-keramik yang memerlukan ketelitian dalam pembuatannya. Ikatan antara logam dan keramik juga memiliki peran penting pada keberhasilan atau kegagalan restorasi. Kegagalan pada restorasi logam-keramik dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu, kegagalan saat pembuatan dan kegagalan klinis. Faktor laboratoris yang menyebabkan kegagalan juga bermacam-macam, salah satunya yaitu faktor laboratoris. Kesimpulan: Faktor-faktor laboratoris yang menyebabkan kegagalan pada saat pembuatan restorasi logam-keramik yaitu kesalahan-kesalahan pada saat: membuat desain koping logam, casting logam, grinda koping logam, degassing, aplikasi keramik, pembakaran dan penyelesaiannya. Selain itu, kurangnya komunikasi antara dokter gigi dan teknisi gigi juga dapat menjadi faktor terjadinya kegagalan pembuatan restorasi logam-keramik. Kata Kunci: restorasi logam-keramik, macam-macam kegagalan, penyebab kegagalan, laboratoris.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV. TKG. 33/18 Ari f
Uncontrolled Keywords: restorasi logam-keramik, macam-macam kegagalan, penyebab kegagalan, laboratoris
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Teknik Kesehatan Gigi
Creators:
CreatorsNIM
DINA NOFA ARINI, 15151051303UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEny Inayati, drg.,M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorEndang Kusdarjanti, drg.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 22 Jan 2019 01:27
Last Modified: 22 Jan 2019 01:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79311
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item