POLA BAKAR PADA KASUS JENAZAH TERBAKAR (STUDI KASUS JENAZAH TERBAKAR DI JAWA TIMUR)

MUHAMMAD GHALIB ADHIPRAWIRA, 071411733022 (2018) POLA BAKAR PADA KASUS JENAZAH TERBAKAR (STUDI KASUS JENAZAH TERBAKAR DI JAWA TIMUR). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.32 18 Adh p.pdf

Download (56kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.32 18 Adh p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.32 18 Adh p.pdf

Download (770kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Antropologi forensik sebagai salah satu spesialisasi dari ilmu Antropologi secara umum merupakan bidang ilmu terapan yang semakin dibutuhkan untuk mengidentifikasi manusia, terutama yang sudah mati. Identifikasi jenazah manusia yang terbakar sudah lama menjadi tantangan tersendiri bagi ahli forensik, karena tubuh jenazah sudah pasti berubah secara kimiawi maupun struktural akibat paparan api. Kebakaran diskotik Redboxx, Pakuwon Trade Center, di Jl. H.R. Muhammad, Surabaya pada Jumat dini hari, 25 Juni 2010, memakan 11 korban jiwa. Menyisakan satu individu yang belum teridentifikasi bahkan setelah persidangan kasus kebakaran ini ditutup pada tahun yang sama. Identifikasi diperlukan agar status hukum korban menjadi jelas. Studi kasus ini berusaha mengidentifikasi korban serta pola bakar pada korban. Identifikasi demoografis pada 107 fragmen tulang jenazah menghasilkan dugaan bahwa korban berjenis kelamin laki-laki, berumur antara 40 hingga 44 tahun, berafiliasi populasi Asian dengan tinggi badan 165-174 cm. Analisis pola bakar pada jenazah manusia yang terbakar harus memperhatikan posisi tubuh dan tutupan jaringan lunak pada jenazah, perubahan warna pada tulang yang terbakar serta patahan dan retakan pada tulang. Data kontekstual yang mendukung seperti Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dan dokumentasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) tidak didapatkan dalam studi ini, menyebabkan sulitnya rekonstruksi kontekstual yang hanya sebatas berita dari media massa daring. Dari hasil analisis pola bakar pada jenazah korban kebakaran Redboxx ini, didapatkan dugaan bahwa korban mati saat kebakaran terjadi dan terpapar oleh api berintensitas kuat di sisi kiri tubuh korban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.32/18 Adh p
Uncontrolled Keywords: Antropologi forensik, Jenazah terbakar, Identifikasi, Pola bakar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H1-99 Social sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD GHALIB ADHIPRAWIRA, 071411733022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorToetik Koesbardiati, Dr., phil., Dra.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Jan 2019 01:16
Last Modified: 24 Jan 2019 01:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79406
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item