PEMBELAJARAN MENJADI PENYIAR TELEVISI DAN RADIO (Studi Deskriptif pada Lembaga Pendidikan Broadcasting di Surabaya Pusat)

RIZKA MARAYA SADIDA, 071411731007 (2018) PEMBELAJARAN MENJADI PENYIAR TELEVISI DAN RADIO (Studi Deskriptif pada Lembaga Pendidikan Broadcasting di Surabaya Pusat). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.48 18 Sad p.pdf

Download (184kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.48 18 Sad p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.48 18 Sad p.pdf

Download (245kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembelajaran pada lembaga pendidikan Broadcasting menarik untuk diteliti karena lembaga ini mampu mencetak broadcaster yang berkualitas dan dapat bersaing di berbagai televisi nasional Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana proses pembelajaran pada lembaga pendidikan Broadcasting, dan bagaimana kendala dalam proses pembelajaran kepada peserta didik dan instruktur. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode etnografi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam terhadap 5 informan. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan teori Margareth Mead tentang Teaching Culture dan Learning Culture. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran lembaga pendidikan Broadcasting terdapat proses teaching culture /kelas, dengan cara pemberian teori tentang materi penyiar berita, penyiar radio dan reporter dengan durasi dua jam/materi/dua kali dalam seminggu selama tiga bulan (48 jam/3 bulan). Dengan biaya kurang lebih total biaya Rp 1.500.000.00 – Rp. 2.500.000,00. Proses learning culture/belajar sambil lalu di lakukan di dalam dan di luar kelas yaitu kegiatan untuk mewajibkan peserta didik mengikuti kompetisi yang diadakan setiap minggunya. Kendala yang dialami intsruktur yaitu disaat peserta didik sering ramai dan meninggalkan kelas, instruktur terlambat datang. Strategi untuk mengatasi kendala adalah diberlakukanya tata tertib yang dibuat oleh pihak lembaga. Kendala yang dialami peserta didik adalah kurangnya kepercayaan diri, dan potensi yang berbeda. Strategi yang digunakan adalah meningkatkan keikut sertaan dalam event/kompetisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.48/18 Sad p
Uncontrolled Keywords: Belajar Formal, Belajar Sambil Lalu, Penyiar, Kendala, Strategi.
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR > N1-(9211) Visual arts
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
RIZKA MARAYA SADIDA, 071411731007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Joko Sri Haryono, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Jan 2019 06:45
Last Modified: 24 Jan 2019 06:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79443
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item