SKILLS LAB MENINGKATKAN SELF-EFFICACY MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER GIGI DALAM MELAKUKAN TINDAKAN PERAWATAN PERIODONTAL BERDASARKAN MEDICAL ACHIEVEMENT SELF-EFFICACY SCALE (MASS)

ANISA GITA RAHMADIANI, 021511133038 (2018) SKILLS LAB MENINGKATKAN SELF-EFFICACY MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER GIGI DALAM MELAKUKAN TINDAKAN PERAWATAN PERIODONTAL BERDASARKAN MEDICAL ACHIEVEMENT SELF-EFFICACY SCALE (MASS). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
KG. 21-19 Rah s Abstrak.pdf

Download (310kB)
[img] Text (Fulltext)
KG. 21-19 Rah s.pdf
Restricted to Registered users only until 25 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Salah satu perkembangan pendidikan di FKG Unair dibidang periodonsia diperbarui dengan adanya pola pembelajaran skills lab yang dimulai pada tahun 2017. Skills lab dapat melatih motorik sehingga mahasiswa memiliki kesiapan yang lebih baik secara kognitif, motorik dan afektif sehingga dapat menghasilkan kualitas pelayanan kesehatan yang baik. Self-efficacy adalah kemampuan seseorang untuk yakin pada kemampuan sendiri dalam mengatur dan melaksanakan tindakan yang diperlukan. Pembentukan self-efficacy bersumber dari pengalaman masa lalu, pengamatan secara langsung, persuasi sosial, dan kondisi fisiologis dan emosi. Skills lab dapat dikategorikan sebagai bagian dari sumber pembentukan self-efficacy mahasiswa. Medical Achievement Self-efficacy Scale (MASS) adalah instrument yang telah diterapkan di bidang kedokteran untuk mengukur self-efficacy berdasar pada psychometric properties. Penggunaan MASS di bidamg kedokteran gigi belum pernah dilaporkan. Tujuan: Untuk mengetahui peningkatan self-efficacy mahasiswa program profesi dokter gigi dalam melakukan tindakan perawatan periodontal setelah mengikuti skills lab berdasarkan MASS. Metode: Penelitian ini dilakukaan pada seluruh mahasiswa Program Profesi angakatan 2016 dan 2017. Rancangan penelitian adalah metode cross sectional dengan analitik observational. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner MASS yang telah di adopsi bidang Periodonsia. Analisa data SPSS v15 dengan Mann-Whitney; Cronch Bach’s Alpha; One-Sample Kolmogorov- Smirnov Test. Hasil: Tidak ada perbedaan signifikan antara mahasiswa angkatan 2016 dan 2017. Kesimpulan: Skills lab tidak meningkatkan self-efficacy secara signifikan secara statistik. MASS dapat digunakan sebagai alat untuk mengukur self-efficacy yang valid dan reliable.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 21-19 Rah s
Uncontrolled Keywords: skills lab, self-efficacy, MASS.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
ANISA GITA RAHMADIANI, 021511133038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIrma Josefina Savitri, drg.,Ph.D.,Sp.Perio (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorChiquita Prahasanti, Prof. Dr., drg.,Sp. Perio (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 25 Jan 2019 03:15
Last Modified: 25 Jan 2019 03:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79480
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item