PENGARUH TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP TERHADAP CREATIVITY DENGAN MEDIASI CREATIVE SELF-EFFICACY PADA KARYAWAN EVENT ORGANIZER DI SURABAYA

GEOSILANO, 041611233332 (2018) PENGARUH TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP TERHADAP CREATIVITY DENGAN MEDIASI CREATIVE SELF-EFFICACY PADA KARYAWAN EVENT ORGANIZER DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak kkb kk-2 b 3-19 Geo p-min.pdf

Download (49kB)
[img] Text (FULLTEXT)
kkb kk-2 b 3-19 Geo p-min.pdf
Restricted to Registered users only until 25 January 2022.

Download (989kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peranan Sumber Daya Manusia yang kreatif dalam menunjang keberlangsungan bisnis Event Organizer (EO) sangat penting karena dengan SDM yang kreatif dapat membantu peningkatan kualitas dan eksistensi dalam jasa penyelenggaraan acara dimata relasi dan konsumen. Seiring perkembangan yang terjadi di setiap aspek kehidupan saat ini memberikan dampak pula terhadap perspektif orang dalam mengartikankreativitas. Hal tersebut menantang EO untuk dapat bertahan di industri kreatif saat ini. Secara tidak langsung tantangan tersebut berpengaruh terhadap bagaimana cara pemimpin untuk menggerakkan karyawannya. Selain itu perusahaan tidak hanya mengandalkan gaya kepemimpinan saja, di EO juga mengutamakan kemampuan dan keterampilan karyawannya dalam kreativitas. Menanggapi hal tersebut maka penelitian ini diajukan untuk mengkaji apakah transformational leadership memiliki dampak pada creativity, dan apakah pengaruh transformational leadership tersebut mampu mempengaruhi creative self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transformational leadership terhadap creativity pada karyawan Event Organizer di Surabaya yang dimediasi oleh creative self-efficacy. Responden berjumlah 63 karyawan yang berasal dari enam Event Organizer di Surabaya yang memberikan data tentang persepsi karyawan mengenai transformational leadership di tempat kerja, creative self-efficacy masing-masing individu karyawan, dan creativity karyawan secara keberlanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan analisis regresi dengan variabel mediasi atau analisis jalur dengan software SPSS 23.0. berdasarkan hasil penelitian, transformational leadership berpengaruh positif signifikan terhadap creative self-efficacy, creative self-efficacy berpengaruh positif signifikan terhadap creativity, transformational leadership berpengaruh positif tidak signifikan terhadap creativity, dan creative self-efficacy memediasi pengaruh antara transformational leadership terhadap creativity.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.03/19 Geo p
Uncontrolled Keywords: Transformational leadership, creative self-efficacy, creativity, Event Organizer Surabaya.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
GEOSILANO, 041611233332UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAnis Eliyana, Prof., Dr., SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 25 Jan 2019 07:19
Last Modified: 31 Jan 2019 03:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79485
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item