Eksistensi Komunitas Honda CB HOT (Honda Owner Team) Surabaya (Studi Deskriptif Tentang Anggota Komunitas CB di Surabaya)

SEPTIAN HERI, 071017047 (2018) Eksistensi Komunitas Honda CB HOT (Honda Owner Team) Surabaya (Studi Deskriptif Tentang Anggota Komunitas CB di Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.54 18 Her e.pdf

Download (107kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.54 18 Her e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.54 18 Her e.pdf

Download (230kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Budaya konsumtif pada masyarakat perkotaan muncul bersamaan dengan semakin berkembangnya sarana dan prasarana.Dapat terlihat dari banyaknya komunitas dalam otomotif. Dapat terlihat dari banyaknya komunitas dalam bidang otomotif, terutama komunitas motor. Namun , penggemar motor klasik tetap saja ada dalam setiap perkembangan jaman, salah satunya komunitas motor CB Honda Owner Team (CB HOT) Surabaya. Dalam penelitan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana CB HOT Surabaya menjaga eksistensi motor klasik seiring berkembangnya jaman. Diharapkan penelitian ini juga bisa bermanfaat bagi pembaca sebagai rujukan bagaimana eksistensi dan apa saja kegiatan komunitas CB HOT Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori yang diungkapkan oleh Emile Durkheim tentang solidaritas sosial.Teori Emile Durkheim menjelaskan bahwa kesetiakawanan antar individu atau kelompok didasarkan pada perasaan moral dan kepercayaan yang dianut bersama yang diperkuat oleh pengalaman emosional bersama. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah dengan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan wawancara kepada anggota CB HOT Surabaya dan melakukan observasi tentang kegiatan yang dilakukan oleh anggota CB HOT Surabaya. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan solidaritas anggota CB HOT Surabaya dalam menjaga eksistensi motor klasik di Surabaya dan juga kegiatan yang dilakukan oleh anggota CB HOT Surabaya yaitu Kopdar, Bakti Sosial, dan Touring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.54/18 Her e
Uncontrolled Keywords: komunitas, perkumpulan, pola aktivitas.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
SEPTIAN HERI, 071017047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Setiawan, Drs., MA., Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 26 Jan 2019 06:18
Last Modified: 26 Jan 2019 06:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79530
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item