DISPLASIA MUKOSA BUKAL DAN LABIAL TIKUS WISTAR YANG DIBERI PAPARAN ASAP ROKOK SIDE STREAM SEBAGAI DETEKSI DINI KONDISI PRAGANAS

SHIFA NABILA PUTRI, 021511133142 (2018) DISPLASIA MUKOSA BUKAL DAN LABIAL TIKUS WISTAR YANG DIBERI PAPARAN ASAP ROKOK SIDE STREAM SEBAGAI DETEKSI DINI KONDISI PRAGANAS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak KG 43 19 Put d.pdf

Download (28kB)
[img] Text (Fulltext)
KG 43 19 Put d.pdf
Restricted to Registered users only until 30 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Asap rokok side stream mengandung beberapa unsur yang dapat memicu kanker. Risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker mulut akan meningkat pada orang yang terpapar asap rokok side stream. Displasia adalah gambaran histopatologis yang menunjukkan aktivitas abnormal pada epitelium normal. Pemeriksaan displasia epitel rongga mulut penting dalam memprediksi perkembangan keganasan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya displasia pada mukosa bukal dan labial tikus Wistar (Rattus norvegicus) yang terpapar asap rokok side stream melalui observasi derajat displasia pada mukosa bukal dan labial di minggu ke-4 dan ke-8 setelah pemaparan dimulai. Metode: Tikus Wistar dibagi ke dalam 3 kelompok, yaitu kelompok perlakuan 1 yang dipapar asap rokok selama 4 minggu, kelompok perlakuan 2 yang dipapar asap rokok selama 8 minggu dan kelompok kontrol yang tidak diberi paparan asap rokok. Mukosa bukal dan labial tikus dari tiap kelompok diperiksa secara histopatologis untuk menemukan derajat displasia berdasarkan klasifikasi WHO 2005. Derajat displasia diolah secara kuantitatif dan dianalisis secara statistik. Hasil: Adanya displasia dan terdapat hasil yang signifikan pada kelompok perlakuan 2 dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil yang signifikan juga ditemukan pada kelompok perlakuan 1 dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan: Pemberian paparan asap rokok Side stream terhadap tikus Wistar mengakibatkan terjadinya displasia pada mukosa bukal dan labial tikus Wistar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 43/19 Put d
Uncontrolled Keywords: Side stream cigarette smoke, dysplasia, buccal and labial mucosa
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
SHIFA NABILA PUTRI, 021511133142UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBagus Soebadi, drg., MHPEd., SpPM(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 30 Jan 2019 02:59
Last Modified: 06 Feb 2019 06:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79693
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item