ANALISIS LAMA WAKTU PENYEDIAAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT JALAN BERDASARKAN THEORY OF CONSTRAINTS (Studi di RSU Haji Surabaya)

AJENG FAUZIAH SHINTA KURNIAWATI, 101614453033 (2018) ANALISIS LAMA WAKTU PENYEDIAAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT JALAN BERDASARKAN THEORY OF CONSTRAINTS (Studi di RSU Haji Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (50kB)
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 30 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lamanya waktu penyediaan dokumen rekam medis (DRM) rawat jalan di RSU Haji Surabaya berdasarkan theory of constraint. Sumber informasi pada penelitian ini adalah dokumen rekam medis yang berjumlah 100 dan petugas yang terdiri dari petugas rekam medis dan petugas pendaftaran. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui indepth interview (wawancara mendalam), observasi, dan diskusi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata waktu penyediaan dokumen rekam medis 54.84 menit dengan waktu pendaftaran rata-rata 5.93 menit dan waktu pencarian dan perakitan dokumen rekam medis 48.91 menit. Constraints pada proses penyediaan dokumen rekam medis antara lain waktu pencarian dokumen rekam medis dan terjadi waktu tunggu yaitu waktu tunggu kitir ke ruang filling dan waktu tunggu dokumen rekam medis setelah tracer. Penyebab constraints pada waktu pencarian dokumen rekam medis yang menjadi prioritas antara lain retensi tidak rutin dilakukan, dokumen rekam medis (DRM) tidak ada di rak filling dan ketelitian petugas kurang (salah sticker, salah pengelompokkan dan salah urut penyimpanan), kondisi rak filling penuh dan dokumen rekam medis (DRM) tidak ada di rak filling, SOP dan tupoksi kurang disosialisasikan. Penyebab constraints pada waktu tunggu yang menjadi prioritas antara lain petugas tidak rutin mengambil kitir pasien umum dan JKN baru dari pendaftaran, petugas tidak segera mendistribusikan DRM setelah tracer dan petugas tidak segera meletakkan kitir pasien JKN lama pada kotak petugas pencarian DRM, SOP dan tupoksi kurang disosialisasikan dan tidak ada standar waktu pada setiap proses penyediaan dokumen rekam medis (DRM) rawat jalan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 01/19 Kur a
Uncontrolled Keywords: rekam medis, waktu tunggu, theory of constraint, rawat jalan, waktu
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
AJENG FAUZIAH SHINTA KURNIAWATI, 101614453033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThinni Nurul Rochmah, Dr., Dra.Ec., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorDjazuly Chalidyanto, Dr. , S.KM., M.ARS.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 30 Jan 2019 06:43
Last Modified: 30 Jan 2019 06:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79720
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item