Perbandingan Kadar Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF) serum paska Latihan Treadmill Intensitas Sedang dengan Kecepatan dan Inklinasi Bertahap pada Laki-laki Sehat Muda dengan Gangguan Keseimbangan Tersembunyi

Stephanie Theodora Yulinda, dr (2018) Perbandingan Kadar Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF) serum paska Latihan Treadmill Intensitas Sedang dengan Kecepatan dan Inklinasi Bertahap pada Laki-laki Sehat Muda dengan Gangguan Keseimbangan Tersembunyi. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (267kB)
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 30 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Kejadian jatuh dapat meningkat pada orang usia lanjut dan usia muda yang dapat disebabkan oleh apapun. Gangguang keseimbangan tersembunyi dapat menjadi salah satu penyebab morbiditas jatuh pada usia dewasa muda dan akhirnya pada usia lanjut. Gangguan keseimbangan tersembunyi dapat diprediksi dengan tes one leg stance yang digunakan sebagai pengukur keseimbangan statik berujung pada fungsi keseimbangan dinamik. Latihan treadmill telah dibuktikan mampu digunakan sebagai latihan keseimbangan dinamik disamping latihan kardiopulmoner. Inklinasi dan kecepatan merupakan komponen dari treadmill yang diharapkan dapat meningkatkan fungsi keseimbangan melalui aksi BDNF. Brain derived neurotrophic factor (BDNF) merupakan salah satu hormon tropik yang dihasilkan di jaringan saraf, otot, dan darah serta berperan penting dalam regulasi morfologi dan tingkat plastisitas neuron. Materi dan metode: 20 laki-laki sehat usia 26-37 tahun yang termasuk dalam kriteria inklusi, dibagi menjadi kelompok inklinasi dan kecepatan. Kami mengamati efek segera dari serum BDNF di darah. Pengambilan darah pertama dilakukan di hari pertama, 30 menit setelah latihan di hari pertama, sebelum latihan di hari terakhir dan 30 menit setelah latihan di hari terakhir pada minggu kedua latihan treadmill.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKKli 03/19 Yul p
Uncontrolled Keywords: serum, treadmill brain derived neutrophic factor
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Magister Ilmu Kedokteran Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Stephanie Theodora Yulinda, drUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDamayanti Tinduh, Dr., dr., Sp. KFR (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorRr. I Lukitra Wardhani, dr., Sp. KFR (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 30 Jan 2019 08:42
Last Modified: 30 Jan 2019 08:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79727
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item