POLITIK KAWASAN DALAM VISI POROS MARITIM DUNIA: STRATEGI INDONESIA SEBAGAI LITTORAL STATES UNTUK KEAMANAN KOLEKTIF DI SELAT MALAKA

Nur Qomariyah, 071411331039 (2018) POLITIK KAWASAN DALAM VISI POROS MARITIM DUNIA: STRATEGI INDONESIA SEBAGAI LITTORAL STATES UNTUK KEAMANAN KOLEKTIF DI SELAT MALAKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.P.77 18 Qom p.pdf

Download (112kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.P.77 18 Qom p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.P.77 18 Qom p.pdf

Download (145kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam beberapa abad, Selat Malaka merupakan jalur utama pelayaran antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Hal yang paling sulit bagi peregangan navigasi di Selat Malaka adalah di area skema pemisahan lalu lintas. Kejahatan aktual dan potensial seperti aktivitas pembajakan dan perompakan serta navigasi yang menyulitkan. Sejak tahun 2006, angka kejadian kejahatan dapat dikontrol dengan keamanan kolektif oleh negara penjaga selat, seperti adanya patroli terkordinasi oleh Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melakukan investigasi bagaimana pemerintah Indonesia di era Jokowi dapat mengatur kekuatan politik kawasan terkait Poros Maritim Dunia dan pertahanan untuk memerangi kejahatan di Selat Malaka. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam yang dilakukan kepada narasumber yang telah dipilih serta peneliti mengumpulkan data tambahan melalui berbagai sumber seperti jurnal, tinjauan literatur, buku, dan artikel untuk menunjang data sekunder. Hasil dari penelitian ini dapat berkontribusi bagi diskursus geopolitik dan tantangannya bagi Indonesia untuk menyusun strategi yang baik dan meningkatkan kekuatan serta menurunkan kejahatan aktual dan potensial di wilayah perbatasan laut, Selat Malaka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.77/18 Qom p
Uncontrolled Keywords: Politik Kawasan, Poros Maritim Dunia, Pertahanan, Selat Malaka, Keamanan kolektif.
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Nur Qomariyah, 071411331039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHaryadi, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 02 Feb 2019 03:40
Last Modified: 02 Feb 2019 03:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79765
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item