SOSIALISASI ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH LUAR BIASA BAHANUL AMANAH KABUPATEN MADIUN JAWA TIMUR

LIGINA JONI KURNIAWAN, 071311433080 (2018) SOSIALISASI ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH LUAR BIASA BAHANUL AMANAH KABUPATEN MADIUN JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.76 18 Kur s.pdf

Download (227kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.76 18 Kur s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.76 18 Kur s.pdf

Download (343kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh berbagai permasalahan diskriminasi terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK) dan keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus akan menghadapi segala respon dari masyarakat, penelitian ini akan membahas mengenai sosialisasi orang tua dalam membentuk kemandirian anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa Bahanul Amanah kabb Madiun. Adapun dalam penelitian ini fokus permasalahan yang peneliti angkat adalah bagaimana orang tua dalam mensosialisasikan kemandirian anak berkebutuhan khusus. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun penelitian menggunakan teori sosialisasi dari pemikiran Peter L Berger dan Luckman untuk menjawab permasalahan penelitian. Serta menggunakan teori Sunarto dan Dreeben untuk mempertajam analisis data. Kemudian teknik penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik snowball dengan mengandalkan informan kunci untuk memperoleh informasi terkait dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini yaitu orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus masih mensosialisasikan kemandirian anak meskipun dengan keterbatasan yang dimiliki anak dan orang tua memilih sosialisasi represif dalam membentuk kemandirian anak karena akan memudahkan orang tua dalam mensosialisasikan anak berkebutuhan khusus yang rata-rata memiliki keterbatasan yang cukup berat. Selain itu, sekolah mempuyai peran penting dalam mensosialisasikan kemandirian anak berkebutuhan khusus dikarenakan sekolah memberikan kontribusi dalam mensosialisasikan kemandirian kepada anak dan membantu perkembangan anak dalam beradaptasi dalam lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.76/18 Kur s
Uncontrolled Keywords: sosialisasi kemandirian, anak berkebutuhan khusus, orangtua anak berebutuhan khusus, kemandirian anak berkebutuhan khusus
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children > HV888-907 Children with disabilities
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
LIGINA JONI KURNIAWAN, 071311433080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Mas'udah, S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 06 Feb 2019 04:59
Last Modified: 06 Feb 2019 04:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79822
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item