POLITIK ANGGARAN DESA (STUDI INTERAKSI ANTAR AGEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN ANGGARAN ALOKASI DANA DESA MENURUT UU DESA TAHUN 2014 DI KECAMATAN MOJOAGUNG JOMBANG)

ZUBAIDAH IKA NADZIFA, 07141453016 (2018) POLITIK ANGGARAN DESA (STUDI INTERAKSI ANTAR AGEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN ANGGARAN ALOKASI DANA DESA MENURUT UU DESA TAHUN 2014 DI KECAMATAN MOJOAGUNG JOMBANG). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TP.10 18 Nad p.pdf

Download (38kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TP.10 18 Nad p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_TP.10 18 Nad p.pdf

Download (356kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Alokasi Dana Desa (ADD) merupakan supply dari pemerintah kabupaten/kota sebagai sarana penunjang dan juga impuls untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ada di desa, dimana bantuan tersebut digunakan sebagai fasilitas masyarakat dalam mengembangkan dan memajukan produktivitas. Pada proses pengambilan keputusan yang dilakukan untuk Alokasi dana desa terdapat peran dan pengaruh aktor-aktor yang didasarkan pada UU Desa Tahun 2014. Fokus penelitian ini adalah studi interaksi antar agen dalam pengambilan keputusan anggaran ADD dan menjelaskan bagaimana politik anggaran desa yang menjadi polemiknya. Dinamika politik anggaran desa tersebut ditelusuri menggunakan Teori Strukturasi Giddens. Teori tersebut memandang hubungan antara struktur dan agen adalah dualitas yang tidak bisa dipelajari terpisah antara satu dengan yang lain dan struktur dualitas yang terbentuk S-D-L (Signifikasi - Dominasi- Legitimasi). Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian adalah desa persawahahan dan perindustrian/jasa yang merupakan 2 potensi yang mewakili potensi Kabupaten Jombang. Hasil penelitian ini ditemukan adanya saling ketergantungan antar agen untuk mewujudkan setiap program yang dibiayai ADD. Dualitas yang terjadi memiliki struktur signifikasi pada musyawarah desa, struktur dominasi ialah otoritas tindakan pengambilan keputusan oleh pemerintah Kabupaten yang tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat. Dan struktur legitimasinya adalah tidak disetujuinya anggaran alokasi dana desa jika tidak sesuai prioritas pembangunan Kabupaten Jombang, walaupun itu dibutuhkan masyarakat di Kecamatan Mojoagung

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TP.10/18 Nad p
Uncontrolled Keywords: Agen Desa, Alokasi Dana Desa, PERBUP ADD, Teori Strukturasi Giddens.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
ZUBAIDAH IKA NADZIFA, 07141453016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Windyastuti Budi, Dr., Dra., MA.UNSPECIFIED
Thesis advisorWisnu Pramutanto, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 07 Feb 2019 01:52
Last Modified: 07 Feb 2019 01:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79845
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item