ANALISIS HUBUNGAN KEPRIBADIAN DAN PERILAKU CARING PERAWAT JIWA TERHADAP KINERJA DALAM PENERAPAN PRINSIP ETIK PERAWATAN PASIEN DI RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA

Erih Williasari, NIM011181801 (2018) ANALISIS HUBUNGAN KEPRIBADIAN DAN PERILAKU CARING PERAWAT JIWA TERHADAP KINERJA DALAM PENERAPAN PRINSIP ETIK PERAWATAN PASIEN DI RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
PPDS.IKJ. 01-19 Wil a Abstrak.pdf

Download (93kB)
[img] Text (Fulltext)
PPDS.IKJ. 01-19 Wil a.pdf
Restricted to Registered users only until 7 February 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Peningkatan kinerja perawat yang ada di rumah sakit mutlak dilakukan guna memperbaiki citra yang terbentuk di masyarakat dikarenakan kurang optimalnya pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Tujuan: Menganalisis hubungan profil kepribadian dan perilaku caring terhadap kinerja perawat jiwa dalam penerapan prinsip etik perawatan pasien di RSUD Dr Soetomo Surabaya Metode: Penelitian ini adalah analitik observasional korelasi klinis dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian ini dilakukan di Instalasi Rawat Inap Jiwa RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Waktu penelitian selama April 2018. Sampel dalam penelitian ini adalah semua perawat pelaksana di Instalasi Rawat Inap Jiwa RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Sebanyak 24 subyek yang memenuhi kriteria diambil datanya secara total sampling melalui instrumen kuesioner dan dianalisis secara statistik. Hasil Penelitian: Hasil independent t test pada variabel jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan status pernikahan terhadap kinerja penerapan prinsip etik, didapatkan berturut-turut nilai p = 0,916; 0,785; dan 0,543. Korelasi Pearson antara usia, masa kerja, perilaku caring terhadap kinerja perawat dalam penerapan etik, berturut-turut didapatkan nilai p = 0,734; 0,447; dan 0,002. Korelasi Pearson profil kepribadian Big Five Factor terhadap kinerja penerapan etik, didapatkan nilai p < 0.05 pada tiap dimensi. Korelasi Pearson antara profil kepribadian dengan perilaku caring, didapatkan nilai p = 0,00. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara profil kepribadian dan perilaku caring perawat jiwa di Instalasi Rawat Inap Jiwa RSUD Dr. Soetomo terhadap kinerja dalam penerapan prinsip etik perawatan pasien.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IKJ. 01-19 Wil a
Uncontrolled Keywords: penerapan prinsip etik, perilaku caring, profil kepribadian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran Jiwa
Creators:
CreatorsNIM
Erih Williasari, NIM011181801NIM011181801
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoetjipto, dr., Sp.KJ(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorMarlina S. Mahajudin, dr., Sp.KJ(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:34
Last Modified: 07 Feb 2019 07:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79895
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item