HYBRID FIREFLY ALGORITHM (FA) DAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) UNTUK MENYELESAIKAN UNCAPACITATED FACILITY LOCATION PROBLEM (UFLP)

BIBI BENNAZIR, 081411231059 (2019) HYBRID FIREFLY ALGORITHM (FA) DAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) UNTUK MENYELESAIKAN UNCAPACITATED FACILITY LOCATION PROBLEM (UFLP). Skripsi thesis, Universitas Airlngga.

[img] Text (Fulltext)
MPM. 02-19 Ben h.pdf
Restricted to Registered users only until 11 February 2022.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
MPM. 02-19 Ben h Abstrak.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan Uncapacitated Facility Location Problem (UFLP) dengan menggunakan Hybrid Firefly Algorithm (FA) dan Particle Swarm Optimization (PSO) . Uncapacitated Facility Location Problem (UFLP) adalah suatu permasalahan penempatan fasilitas yang dibangun disebuah lokasi untuk melayani seluruh konsumen dengan meminimalkan biaya pembangun dan biaya pelayanan dengan kapasitas pelayanan dari setiap fasilitas nilainya tidak terbatas. Hybrid Firefly Algorithm (FA) dan Particle Swarm Optimization (PSO) adalah menggabungkan proses algoritma firefly dengan PSO, proses algoritma firefly dilakukan pertama kali, output dari algoritma ini diproses dengan algoritma PSO. Secara umum proses algoritma firefly dimulai dengan inisialisasi parameter, pembangkitan populasi awal firefly, menghitung fungsi tujuan, menghitung intensitas cahaya, membandingkan intensitas cahaya tiap firefly, menentukan G-best, melakukan movement firefly terbaik, dan proses berlanjut sampai iterasi maksimum tercapai. Kemudian dilanjutkan proses PSO adalah menentukan posisi awal menggunakan solusi terbaik dari firefly, pembangkitan kecepatan awal, pemilihan pbest dan gbest, update kecepatan dan posisi, evaluasi fungsi tujuan, dan proses berlanjut sampai maksimal iterasi. Program Hybrid Firefly Algorithm (FA) dan Particle Swarm Optimization (PSO) untuk menyelesaikan UFLP dibuat dengan menggunakan Borland C++ yang diimplementasikan pada dua contoh kasus yaitu data kecil dengan 15 customer dan 10 lokasi serta data besar dengan 50 customer dan 50 lokasi. Dari hasil running program diperoleh total biaya minimum untuk data berukuran kecil yaitu 149111,09 dan untuk data berukuran besar yaitu 817731,25. Semakin besar nilai alfa ( ), semakin besar jumlah popsize dan maksimum iterasi maka solusi yang diperoleh cenderung semakin baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM. 02-19 Ben h
Uncontrolled Keywords: Firefly Algorithm (FA), Particle Swarm Optimization (PSO), Uncapacitated Facility Location Problem (UFLP).
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
BIBI BENNAZIR, 081411231059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAsri Bekti Pratiwi, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Feb 2019 02:59
Last Modified: 09 Feb 2019 03:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79939
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item