PERAN STATUS PERIODONTAL TERHADAP KUALITAS HIDUP TERKAIT KESEHATAN GIGI DAN MULUT PENDERITA DIABETES MELLITUS DAN KONTROL NON DIABETES MELLITUS DI WILAYAH KOTA SURABAYA

SYAMSU RIZAL, 021511133155 (2018) PERAN STATUS PERIODONTAL TERHADAP KUALITAS HIDUP TERKAIT KESEHATAN GIGI DAN MULUT PENDERITA DIABETES MELLITUS DAN KONTROL NON DIABETES MELLITUS DI WILAYAH KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK KG 58 19 Riz p.PDF

Download (1MB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT KG 58 19 Riz p.PDF
Restricted to Registered users only until 12 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Diabtes mellitus (DM) dikaitkan dengan peningkatan kerentanan terhadap infeksi mulut termasuk penyakit periodontal. Dari sekian banyak komplikasi yang terjadi, periodontitis merupakan komplikasi yang paling sering terjadi pada penderita diabetes mellitus dengan tingkat prevalensi yang tinggi hingga mencapai angka 75%. Penderita diabetes mellitus mempunyai kecenderungan untuk memiliki status periodontal yang buruk dibandingkan dengan yang tidak menderita diabetes mellitus. Jaringan periodontal yang jelek mengakibatkan gangguan kualitas hidup terkait kesehatan gigi dan mulut (OHRQoL) seseorang baik dari segi fisik, psikologis, sosial dan ekonomis. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk melihat peran status periodontal terhadap kualitas hidup terkait kesehatatan gigi dan mulut Tujuan: Menganalisis peran status periodontal terhadap kualitas hidup penderita diabetes mellitus di wilayah kota surabya Metode: Penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling dengan total sampel 100 orang. Instrument penelitian menggunakan kuesinoer OHRQoL (OHIA INA-25) dan pemeriksaan jaringan periodontal menggunakan metode CPI Hasil: Status periodontal yang buruk menurunkan tingkat kualitas hidup terkait kesehatan gigi dan mulut (OHRQoL) penderita diabetes mellitus Kesimpulan: Status Periodontal berperan dalam penurunan kualitas hidup penderita diabetes mellitus. Semakin buruk status periodontal maka semakin rendah tingkat OHRQoL pada penderita diabetes mellitus, baik dari dimensi fisik, psikologis, sosial, dan ekonomi juga terjadi penurunan tingkat kualitas hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 58/19 Riz p
Uncontrolled Keywords: OHRQoL, CPI, Diabetes Mellitus, OHIA-INA 25
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
R Medicine > RK Dentistry > RK641-667 Prosthetic dentistry. Prosthodontics
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
SYAMSU RIZAL, 021511133155UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRetno Palupi, Dr. drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:40
Last Modified: 12 Feb 2019 07:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80023
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item