Denny Trimayanti, 040510283 (2009) ANALISIS PENGARUH RATA-RATA LAMA SEKOLAH, ANGKA KEMATIAN BAYI, PENGELUARAN PEMERINTAH DI BIDANG PENDIDIKAN DAN KESEHATAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI JAWA TIMUR TAHUN 2001-2006. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-trimayanti-14418-c0810-k.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-trimayanti-12103-c0810-a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk melihat pengaruh rata-rata lama sekolah, angka kematian bayi, pengeluaran pemerintah di bidang pendidikan dan pengeluaran pemerintah di bidang kesehatan terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur. Komponen modal manusia yang terdiri dari pendidikan dan kesehatan merupakan faktor yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas pembangunan manusia yang pada akhirnya juga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, pengeluaran pemerintah di bidang pendidikan dan kesehatan juga merupakan faktor penting karena pengeluaran pemerintah ini akan menunjang investasi pada modal manusia. Penelitian ini menggunakan model regresi data panel dengan metode random effect. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) kabupaten/kota sebagai variabel terikat, sedangkan untuk variabel bebas menggunakan variabel rata-rata lama sekolah sebagai proxy pendidikan, angka kematian bayi sebagai proxy kesehatan dan pengeluaran pemerintah di bidang pendidikan dan kesehatan, yang keseluruhannya menggunakan data dari kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur tahun 2001-2006. Hasil dari perhitungan regresi data panel dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas, yaitu rata-rata lama sekolah, pengeluaran pemerintah di bidang pendidikan dan kesehatan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur, dan variabel angka kematian bayi mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan konomi di Jawa Timur.
Actions (login required)
View Item |