COMPREHENSIVE MIGRATION GOVERNANCE: UPAYA PEMERINTAH KOTA MAKASSAR DAN INTERNATIONAL ORGANIZATION FOR MIGRATION UNTUK MENGATASI MASALAH PENGUNGSI

WANDI ABBAS, 071614553015 (2018) COMPREHENSIVE MIGRATION GOVERNANCE: UPAYA PEMERINTAH KOTA MAKASSAR DAN INTERNATIONAL ORGANIZATION FOR MIGRATION UNTUK MENGATASI MASALAH PENGUNGSI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_THI.09 18 Abb c.pdf

Download (388kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_THI.09 18 Abb c.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_THI.09 18 Abb c.pdf

Download (163kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Susunan kerjasama yang semakin kompleks dari institusi baik secara bilateral, regional dan mulitalteral telah muncul yang memungkinkan negara-negara dan aktor non negara untuk melakukan kerjasama. Yakni koordinasi dan akuntabilitas terhadap berbagai bidang dan kebijakan termasuk bagi pengungsi. Pada perkembangannya, permasalahan yang ditimbulkan oleh pengungsi semakin kompleks, hal tersebut telah memunculkan ketidakamanan baik bagi eksistensi pengungsi secara individu maupun negara yang menjadi tempat tujuan pengungsi. Pengelolaan terhadap pengungsi tidak bertumpu hanya pada satu instansi pemerintah atau mitra saja, melainkan juga memerlukan dukungan dari berbagai pihak untuk ikut terlibat. Kerjasama dan pelibatan pemerintah kota sebagai sub state dan lembaga internasional menjadi salah satu cara untuk merespon permasalahan pengungsi. Peningkatan jumlah pengungsi diberbagai wilayah khususnya Makassar telah berdampak pada berbagai aspek yakni sosial-ekonomi dan hukum sebagai aspek dominan yang terjadi pada pengungsi di Makassar. Pemerintah kota Makassar dan IOM dalam penanganannya telah berepran melalui kerjasama dan koordinasi secara komprehensif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THI.09/18 Abb c
Uncontrolled Keywords: Comprehensive Migration Governance, Pengungsi di Makassar, IOM, Pemerintah Kota Makassar.
Subjects: J Political Science > JV Colonies and colonization. Emigration and immigration. International migration
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
WANDI ABBAS, 071614553015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSartika Soesilowati, Dra., MA., Ph.D.UNSPECIFIED
Thesis advisorMuttaqien, S.IP., MA., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 13 Feb 2019 01:55
Last Modified: 13 Feb 2019 01:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80044
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item