DETERMINAN PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI DALAM PEMILIHAN KARIR SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS AIRLANGGA)

IQBAL RAMADHAN SIMANJUNTAK, NIM : 041211333127 (2019) DETERMINAN PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI DALAM PEMILIHAN KARIR SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS AIRLANGGA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
KKB KK 2 A 57_19 Sim d ABSTRAK.pdf

Download (434kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK 2 A 57_19 Sim d.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebutuhan negara sendiri akan akuntan publik di Indonesia dan ketersediaan akuntan profesional masih mengalami ketimpangan. Setelah menyelesaikan masa studi kuliah, pilihan karir bagi lulusan akuntansi tidak tertuju pada profesi akuntan saja, banyak pilihan profesi yang dapat dipilihnya, tergantung beberapa faktor yang melatarbelakanginya. Persepsi tentang faktor pengaruh orang tua, nilai intrinsik, penghargaan finansial, lingkungan kerja, pelatihan profesional, nilai-nilai sosial, dan perbandingan dengan profesi akuntan lainnya diduga sebagai faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa akuntansi untuk bekerja sebagai akuntan publik. Sampel 162 mahasiswa Akuntansi Universitas Airlangga. Metode analisis yang digunakan adalah regresi logistik dengan SPSS versi 25.0. Setiap variabel diperiksa dengan menggunakan uji wald dengan α = 0,05. Penelitian ini menggunakan kuantitatif. Pendekatan penelitian dan jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner responden yang telah ditentukan. Dari hasil pengujian hipotesis didapat bahwa faktor nilai intrinsik, nilai-nilai sosial, dan perbandingan dengan profesi akuntan lainnya berpengaruh signifikan secara parsial terhadap persepsi mahasiswa dalam memilih karir sebagai akuntan publik. Namun variabel penghargaan finansial, lingkungan kerja, pelatihan professional secara parsial tidak berpengaruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 A 57/19 Sim d
Uncontrolled Keywords: Persepsi, karir, akuntan publik, mahasiswa akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
IQBAL RAMADHAN SIMANJUNTAK, NIM : 041211333127UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantTjiptohadi Sawarjuwono, Prof. Drs., M.Ec., Ph.D., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 13 Feb 2019 02:26
Last Modified: 13 Feb 2019 02:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80047
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item