KEBUTUHAN PERAWATAN DAN PERSEPSI MALOKLUSI MURID SMPN DAN SMAN KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA (Menggunakan Aesthetic Component dari IOTN)

ARDHYANA DEA MAHARANI, 021511133095 (2018) KEBUTUHAN PERAWATAN DAN PERSEPSI MALOKLUSI MURID SMPN DAN SMAN KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA (Menggunakan Aesthetic Component dari IOTN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK KG 64 19 Mah k.pdf

Download (73kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT KG 64 19 Mah k.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Aesthetic dentofacial salah satu faktor yang berpengaruh dalam berinteraksi sosial, karena kesan pada pertemuan pertama yang akan di perhatikan adalah wajah. Untuk mengetahui kebutuhan perawatan dan menilai aesthetic dentofacial dapat dipakai komponen dari Index of Orthodontic Treatment Need (IOTN). Tujuan: Tujuan dari penelitian untuk mengetahui kebutuhan perawatan dan persepsi maloklusi menggunakan Aesthetic Component pada siswa siswi SMP dan SMA di kecamatan Rungkut Surabaya yang akan di ukur menggunakan Index of Orthodontic Treatment Need (IOTN). Metode: Penelitian dilakukan pada 180 siswa, jenis penelitian termasuk deskriptif obsrvasional untuk mengetahui kebutuhan perawatan dan persepsi aesthetic component pada remaja SMPN dan SMAN di kecamatan Rungkut Surabaya menggunakan 10 gambar berwarna dan tidak berwarna. Hasil: Tingkat kebutuhan perawatan paling banyak pada murid didapatkan dengan 52,22% tidak/sedikit membutuhkan perawatan, pada tingkat borderline/membutuhkan perawatan di dapatkan persentase 38,89%, pada tingkat sangat membutuhkan perawatan didapatkan persentase 8,89%. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil penilaian peneliti dan penilaian responden (p>0,05) Kesimpulan: Kebutuhan perawatan ortodonti di SMPN dan SMAN kecamatan Rungkut Surabaya 52,22%. Tidak terdapat perbedaan signifikan persepsi estetik antara ortodonti dan peneliti, tidak terdapat perbedaan persepsi estetik signifikan antara peneliti 1 dan peneliti 2, terdapat perbedaan yang signifikan persepsi estetik dental antara peneliti dan responden, terdapat perbedaan yang signifikan persepsi estetik antara ortodonti, peneliti 1, peneliti 2, siswa dan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 64/19 Mah k
Uncontrolled Keywords: Index of Orthodontic Treatment Need, Aesthetic Component, kebutuhan perawatan, persepsi estetik
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
R Medicine > RK Dentistry > RK641-667 Prosthetic dentistry. Prosthodontics
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
ARDHYANA DEA MAHARANI, 021511133095UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAri Triwardhani,, Dr. drg, MSc, Sp.Ort(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 13 Feb 2019 05:04
Last Modified: 13 Feb 2019 05:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80060
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item