PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA DIREKSI TERHADAP KERUGIAN BADAN USAHA MILIK NEGARA

BINTANG SAMUDERA, 031511133215 (2019) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA DIREKSI TERHADAP KERUGIAN BADAN USAHA MILIK NEGARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak FH 122 19 Sam p.pdf

Download (143kB)
[img] Text (Fulltext)
Fulltext FH 122 19 Sam p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Negara yang memiliki tugas untuk melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan juga dapat melakukan tindakan bisnis yang diimplementasikan dengan pembentukan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Terdapat kerancuan terhadap pengaturan keuangan negara dalam BUMN khususnya yang berbentuk persero, dimana negara melakukan pemisahan harta kekayaan dengan melakukan penanaman modal kepada BUMN Persero yang pada dasarnya persero merupakan separate legal entity. Akibatnya kepastian hukum dalam pengurusan yang dilakukan oleh Direksi masuk kedalam kawasan yang abu-abu karena dalam konsep hukum perseroan dikenal juga prinsip Business Judgment Rules yang melindungi direksi atas segala keputusannya. Sehingga Penegakkan hukum menjadi tidak konsisten seperti dapat dilihat dalam kasus Direksi Merpati Nusantara Airlines yang mendapatkan putusan bebas dalam putusan pertama karena perbuatannya dianggap semata-mata sebagai resiko bisnis, namun dibantah oleh putusan kasasi dan dikuatkan oleh permohonan peninjauan kembali yang diajukan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum dengan metodologi pendekatan peraturan perundang-undangan, pendekatan konsep, dan pendekatan kasus. Kerugian yang dialami oleh BUMN Persero tidak serta merta dapat dipersamakan dengan kerugian keuangan negara. Oleh karenanya proses pengawasan terhadap kekayaan negara yang dipisahkan harus ditegakkan supaya tujuan utama dibentuknya BUMN yaitu memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dapat terpenuhi dan tidak terjadi penyalahgunaan kewenangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 122/19 Sam p
Uncontrolled Keywords: Pertanggungjawaban Pidana, Kerugian Negara, Direksi BUMN
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3150 Public law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
BINTANG SAMUDERA, 031511133215UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorToetik Rahayuningsih, Dr., S.H., M.Hum.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:07
Last Modified: 19 Feb 2019 01:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80118
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item