FINANCIAL RESTATEMENT : DAMPAKNYA TERHADAP REAKSI PASAR

DESY ISMAH ANGGRAINI, 041524253021 (2019) FINANCIAL RESTATEMENT : DAMPAKNYA TERHADAP REAKSI PASAR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (26kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 21 February 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan reaksi pasar ketika terjadi financial restatement, reaksi pasar pada saat sebelum dan setelah financial restatement serta membuktikan adanya perbedan reaksi ketika financial restatement didorong oleh alasan yang berbeda. Penelitian menggunakan perusahaan yang melakukan financial restatement tahun 2012 sampai 2017 dengan menggunakan metode event study dan menggunakan event window lima hari sebelum dan setelah pengumuman financial restatement. Penelitian menggunakan klasifikasi penyebab financial restatement dari GAO (2002) dan menggunakan abnormal return sebagai proksi pengukuran reaksi pasar. Penelitian menggunakan metode market-adjusted model untuk mengukur expected return. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian kecil investor menganggap bahwa informasi penyebab terjadinya financial restatement merupakan informasi yang penting, namun sebagian besar investor beranggapan bahwa informasi penyebab terjadinya financial restatement bukan informasi yang penting yang dapat menurunkan atau meningkatkan nilai perusahaan sehingga tidak dapat mempengaruhi keputusan pasar untuk berinvestasi. Pasar tidak bereaksi atas informasi financial restatement sehingga tidak ada pengaruh terhadap abnormal return yang digunakan sebagai proksi dalam mengukur reaksi pasar, hal ini terbukti dengan tidak adanya reaksi sebelum dan setelah pengumuman financial restatement.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TEA 06/19 Ang f
Uncontrolled Keywords: abnormal return, financial restatement, market reaction
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1811-2351 Special classes of banks and financial institutions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DESY ISMAH ANGGRAINI, 041524253021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWiwiek Dianawati, Dr., Dra., M.Si., Ak., CA.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2019 02:37
Last Modified: 21 Feb 2019 02:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80357
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item