ANALISIS DAMPAK KECENDERUNGAN PERILAKU KESEHATAN GIGI, KARIES GIGI, DAN PENYAKIT SISTEMIK TERHADAP KUALITAS HIDUP YANG BERKAITAN DENGAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT LANSIA DI SURABAYA

AULIA FERESIA MAULINE, 021614153001 (2019) ANALISIS DAMPAK KECENDERUNGAN PERILAKU KESEHATAN GIGI, KARIES GIGI, DAN PENYAKIT SISTEMIK TERHADAP KUALITAS HIDUP YANG BERKAITAN DENGAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT LANSIA DI SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
TKG. 01-19 Mau a Abstrak.pdf

Download (102kB)
[img] Text (Fulltext)
TKG. 01-19 Mau a.pdf
Restricted to Registered users only until 25 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Kesehatan mulut lansia berkaitan dengan perilaku pemeliharaan dan peningkatan kesehatan giginya. Kesehatan mulut yang buruk pada lansia terlihat dari banyaknya jumlah gigi yang hilang, karies gigi dan penyakit periodontal. Dampak negatif dari kesehatan mulut yang buruk dapat berpengaruh terhadap kualitas hidup lansia. Kualitas hidup yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut (OH-rQoL) merupakan bagian integral dari kesehatan dan kesejahteraan umum. Pengukuran mengenai kualitas hidup yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut penting dilakukan untuk melengkapi pemeriksaan klinis, dimana pemeriksaan secara klinis hanya menilai mengenai morbiditas dan tidak menilai secara subjektif untuk melihat persepsi dan penilaian tentang kesehatan individu yang bersifat individual dan sosial. Tujuan: Menganalisis dampak kecenderungan perilaku kesehatan gigi, karies gigi, dan penyakit sistemik terhadap kualitas hidup yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut pada lansia. Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan cross sectional, teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Cara pengukuran kualitas hidup yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut dengan menggunakan metode wawancara pada 135 lansia di 5 Puskesmas Surabaya mengenai 7 dimensi dalam kualitas hidup yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut mengenai keterbatasan fungsi, rasa sakit fisik, ketidaknyamanan psikis, disabilitas fisik, disabilitas psikis, disabilitas sosial,dan handicap. Perilaku kesehatan gigi diukur menggunakan metode wawancara dengan pendekatan menggunakan model Theory of Planned Behavior mengenai determinan sikap, norma subjektif, persepsi kendali perilaku, dan niat. Hasil: Kecenderungan perilaku kesehatan gigi (p=0,000), Decay (p=0,002), dan Missing (p=0,000), signifikan terhadap skor kualitas hidup yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut pada lansia yang di analisis dengan menggunakan regresi linier. Kesimpulan: Kecenderungan perilaku kesehatan gigi, Decay dan Missing berdampak terhadap kualitas hidup yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut pada lansia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKG. 01-19 Mau a
Uncontrolled Keywords: Perilaku kesehatan gigi, Karies gigi, Penyakit Sistemik, Kualitas hidup, OH-rQol , Lansia
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > S2 Ilmu Kesehatan Gigi
Creators:
CreatorsNIM
AULIA FERESIA MAULINE, 021614153001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTaufan Bramantoro, Dr., drg., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorRetno Palupi, Dr., drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 23 Feb 2019 01:52
Last Modified: 23 Feb 2019 01:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80428
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item