STRATEGI PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) DALAM PENGEMBANGAN PELABUHAN BENOA SEBAGAI CRUISE TURN AROUND PORT

I NYOMAN GEDE DANENDRA KENAKA YOGA ISWARA, 041424353013 (2019) STRATEGI PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) DALAM PENGEMBANGAN PELABUHAN BENOA SEBAGAI CRUISE TURN AROUND PORT. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 25 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Transportasi laut memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi di setiap negara, tidak terkecuali Indonesia. Sebagai negara maritim, angkutan laut memiliki peran strategis dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui distribusi barang dan penumpang antar pulau. Secara nominal, barang merupakan penyumbang utama pendapatan PT Pelindo III (Persero). Apabila dibandingkan dengan barang, segmen penumpang hanya menyumbang sekitar 0.74% dari total pendapatan. Akan tetapi, PT Pelindo III (Persero) memberikan perhatian khusus pada penumpang internasional dengan adanya pengembangan Pelabuhan Benoa sebagai cruise turn around port. Hal ini disebabkan tingginya arus kapal cruise atau kapal penumpang internasional yang berkunjung di pelabuhan tersebut selama 5 tahun terakhir. Adapun, kunjungan kapal cruise ini turut mendongkrak perputaran uang di wilayah Bali serta menimbulkan domino effect bagi masyarakat sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan in-depth interview pada 6 orang informants. 4 orang dari internal perusahaan dan 2 orang dari customer perusahaan. Dengan menggunakan Porter’s Five Forces dalam menganalisa PT Pelindo III (Persero) serta output dalam bentuk usulan strategi yang tepat dalam pengembangan Pelabuhan Benoa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Pelindo III (Persero) perlu 1) Memperbaiki budaya kerja, 2) Restrukturisasi dan regenerasi sumber daya manusia, 3) Kerjasama dan sinergi BUMN, 4) Perbaikan tingkat pelayanan, 5) Optimalisasi fasilitas dan 6) Penetapan tariff yang reasonable.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 23/19 Isw s
Uncontrolled Keywords: Port, Benoa, Strategy, marketing, cruise turn around port
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
I NYOMAN GEDE DANENDRA KENAKA YOGA ISWARA, 041424353013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGancar C. Premananto, Dr. , SE., MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2019 08:24
Last Modified: 25 Feb 2019 08:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80467
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item