PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN KEHUMASAN:PERANCANGAN KEY PERFORMANCE INDICATOR STUDI KASUS PADA RS X

MARIA DIAH PALUPI, 041514353068 (2019) PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN KEHUMASAN:PERANCANGAN KEY PERFORMANCE INDICATOR STUDI KASUS PADA RS X. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 25 February 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengukuran kinerja manajemen kehumasan RS X. Humas merupakan ujung tombak dalam hal pencitraan organisasi. Namun, belum didukung oleh suatu alat pengukuran kinerja yang tercermin dalam KPI sebagai alat evaluasi yang tepat untuk mengukur kontribusi humas. Kinerja (performance) individu sangat penting artinya karena kinerja individu tersebut dapat mengarah pada upaya pencapaian tujuan organisasi Dengan adanya penilaian hasil kinerja, humas dapat memperbaiki apa yang dilakukan sebelumnya dan adanya pemberian reward sebagai pemacu kinerja humas. Manajemen dapat lebih memfokuskan strategi jangka panjang dan sebagai pertanggungjawaban suatu unit kepada top management. Serta, landasan bagi pimpinan unit untuk mengajukan kebijakan kepada top management mengenai segala hal tentang pencitraan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja manajemen kehumasan dengan merancang key performance indicator (indikator kinerja kunci) dengan melakukan proses identifikasi stakeholder yang ada di RS X. Yang kemudian akan menjadi dasar dalam perancangan KPI humas pada RS X. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan studi kasus pada RS X. Hasil penelitian ini ditemukan penilaian hasil kerja (result) dirumuskan 6 tanggung jawab yang digunakan dalam penilaian hasil kerja, yaitu kepuasan pelanggan, keluhan pelanggan, pembinaan komunitas, event, media sosial dan kunjungan website. Sedangkan penilaian perilaku kerja (behavior) dengan indikator kompetensi antara lain komuniatif, fleksibilitas, kedisiplinan, teamwork, pelayanan konsumen.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 28/19 Pal p
Uncontrolled Keywords: Public relations, stakeholder management, performance assessment, key performance indicator
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MARIA DIAH PALUPI, 041514353068UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFendy Suhariadi, Prof., ST, MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2019 09:00
Last Modified: 25 Feb 2019 09:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80471
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item