DESAIN NASI KEPAL ONISHI MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KONJOIN

DENIS IRMAN RISNAWANTO, 041311233208 (2019) DESAIN NASI KEPAL ONISHI MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KONJOIN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak B. 113 19 Ris d.pdf

Download (399kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext B. 113 19 Ris d.pdf
Restricted to Registered users only until 26 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Begitu banyak entrepreneur baru yang melirik bisnis kuliner sebagai pilot project bisnis mereka. Hal tersebut ditandai dengan data peningkatan pendapatan Produk Domestik Bruto (PDB) dari tahun 2013 terus meningkat terutama di sektor industri makanan dan minuman serta menjamurnya berbagai macam usaha olahan makanan di Surabaya. Para pelaku usaha kuliner seolah ingin berlomba untuk menghadirkan produk unggulan yang dapat memenuhi keinginan dari para konsumen. Nasi Onishi sebagai salah satu produsen makanan praktis, dengan produk unggulan Nasi Kepal Onishi, merasa harus segera berbenah terhadap produk yang dimilikinya karena terjadi penurunan jumlah penjualan dari waktu ke waktu. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Konjoin. Data awal diperoleh dari kuesioner online dengan jumlah responden sebanyak 400 orang untuk mengetahui atribut apa yang paling penting menurut konsumen dalam memilih produk nasi kepal. Atribut yang didapatkan adalah Jenis Lauk, Jenis Packaging, serta Rasa Nasi. Setelah menemukan tiga atribut yang paling menentukan konsumen dalam memilih produk nasi kepal, penelitian dilanjutkan dengan menyebarkan kuisioner dengan jumlah responden sebanyak 100 orang untuk mengetahui preferensi konsumen produk Nasi Onishi terhadap atribut produk yang paling mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli produk Nasi Onishi. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa urutan atribut yang memiliki tingkat kepentingan tertinggi dalam pengembangan produk Nasi Onishi adalah Jenis Isian Lauk, Jenis Packaging, dan yang terakhir adalah Rasa Nasi. Saran yang bisa diberikan berdasarkan penelitian ini adalah pengembangan produk Nasi Onishi yang harus dilandasi dengan pembentukan produk ideal yang telah dihasilkan dari penelitian ini. Produk ideal yang sesuai dengan preferensi konsumen untuk pengembangan produk Nasi Onishi adalah produk Nasi Kepal dengan Jenis Lauk Daging Ayam Serundeng, menggunakan Packaging Kertas Food Grade, serta Rasa Nasi Gurih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 113/19 Ris d
Uncontrolled Keywords: Preferensi Konsumen, Analisis Conjoint, Atribut Produk, Nasi Onishi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DENIS IRMAN RISNAWANTO, 041311233208UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Hartini, Dr. , SE., M.Si,UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 26 Feb 2019 01:54
Last Modified: 26 Feb 2019 01:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80490
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item