PENGARUH AKTIVITAS BRAND POSITIONING MALANG STRUDEL TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN ATAS PRODUK STRUDEL SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS MALANG

SAFIRA AQMARINA PUTRI ISNAINI, 071511533004 (2019) PENGARUH AKTIVITAS BRAND POSITIONING MALANG STRUDEL TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN ATAS PRODUK STRUDEL SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS MALANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.06 19 Isn p.pdf

Download (196kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.06 19 Isn p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.06 19 Isn p.pdf

Download (766kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengenai pengaruh brand positioning Malang Strudel terhadap persepsi konsumen atas produk strudel sebagai oleh-oleh khas Malang. Penelitian ini dilakukan karena maraknya fenomena oleh-oleh kekinian – merupakan bisnis produk oleh-oleh yang dipopulerkan para selebritis – yang terdapat di berbagai kota di Indonesia. Produk Malang Strudel sendiri merupakan jenis pastry, kuliner khas Eropa, yang dipasarkan di Kota Malang dan diposisikan sebagai oleh-oleh khas kota tersebut. Produk strudel merupakan suatu kebaruan produk oleh-oleh Malang. Karena sangat berbeda dengan produk oleh-oleh lokal yang telah ada sebelumnya, seperti keripik tempe, olahan keripik buah, maupun buah apel. Pendekatan kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini. Dengan tipe penelitian eksplanatif yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh brand positioning Malang Strudel terhadap persepsi konsumen atas produk strudel sebagai oleh-oleh khas Malang. Data penelitian dikumpulkan melalui survei di Malang dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dengan kriteria yang telah ditentukan. Brand positioning diukur berdasarkan tiga variabel diantaranya attribute positioning, benefit positioning, and surrogate positioning. Kemudian persepsi konsumen diukur melalui tiga dimensi diantaranya persepsi kognitif, afektif, dan konatif. Uji statistik menggunakan dua tipe analisis regresi. Analisis regresi linear berganda diterapkan untuk melihat pengaruh ketiga variabel brand positioning secara simultan terhadap keseluruhan persepsi (mental konsep). Dan analisis regresi linear sederhana diterapkan untuk melihat pengaruh parsial attribute positioning, benefit positioning dan surrogate positioning terhadap masing-masing persepsi kognitif, afektif, dan konatif. Hasil penelitian menunjukkan ketiga variabel brand positioning secara simultan memiliki arah hubungan yang positif dan memberikan pengaruh signifikan terhadap keseluruhan persepsi konsumen (mental konsep). Dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,850 yang berarti sangat kuat. Kemudian pada pengaruh secara parsial, baik attribute positioning, benefit positioning, maupun surrogate positioning memberikan pengaruh yang sangat lemah terhadap persepsi afektif. Sedangkan terjadi korelasi sempurna antara pengaruh surrogate positioning terhadap persepsi konatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.06/19 Isn p
Uncontrolled Keywords: Brand Positioning, Consumer Perception, Local Consumer Culture Positioning
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
SAFIRA AQMARINA PUTRI ISNAINI, 071511533004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSanti Isnaini, Dr., S.Sos., MM.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:40
Last Modified: 01 Mar 2019 02:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80628
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item