PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PUS DI KALANGAN KELUARGA MISKIN DALAM PROGRAM KB (Studi di Desa Ngasemlemahabang, Kecamatan Ngimbang, Lamongan)

Yayang Romadanti, 071511433048 (2019) PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PUS DI KALANGAN KELUARGA MISKIN DALAM PROGRAM KB (Studi di Desa Ngasemlemahabang, Kecamatan Ngimbang, Lamongan). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.08 19 Rom p.pdf

Download (184kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.08 19 Rom p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.08 19 Rom p.pdf

Download (365kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertambahan penduduk merupakan fenomena yang nyata dan absolut terjadi di Indonesia. Terutama yang terjadi pada Pasangan Usia Subur (PUS) miskin, kurangnya pemahaman mengenai dampak yang akan dialami terhadap jumlah penduduk yang meningkat menjadikan pemerintah atau sistem yang terkait kesusahan dalam mengatasi. Salah satu program yang dapat mengentaskan kemiskinan yang diiringi dengan pengurangan jumlah penduduk adalah program Keluarga Berencana (KB). Salah satu kunci kesuksesan program KB adalah partisipasi masyarakat dalam menjadi akseptor KB dan menggunakan alat kontrasepsi sebagai pencegahan kehamilan. Penggunaan alat kontrasepsi masih di dominasi oleh istri. Pengambilan keputusan dalam mengikuti KB pada PUS miskin ini dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor luar, intervensi dari beberapa pihak dapat menjadi pertimbangan-pertimbangan dikala akan memutuskan tindakan. Kemiskinan menjadi alasan utama sebagai modal atas tindakan rasional menjadi akseptor KB, maka masyarakat dapat bertindak mengikuti KB dengan berpegang teguh pada tujuan yang ingin dicapai. Sesuai dengan teori pilihan rasional dari James S. Coleman, bagaimana aktor memanfaatkan sumber daya sehingga memunculkan tindakan atas dasar hasil pikiran individu maupun pertimbangan pihak lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.08/19 Rom p
Uncontrolled Keywords: Pengambilan Keputusan, PUS Miskin, Keluarga Berencana
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ760-767.7 Family size
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Yayang Romadanti, 071511433048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI.B. Wirawan, Prof., Dr., Drs., SU.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 Mar 2019 03:53
Last Modified: 01 Mar 2019 03:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80644
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item