TINGKAT KESUKAAN PANELIS TERHADAP RASA DAN KEEMPUKAN DAGING KAMBIN PERANAKAN ETTAWA (Capra hircus) PANGGANG YANG TELAH DIRENDAM DALAM JUICE ANGGUR MERAH (Vitis vinifera linn.) DAN PLAIN YOGHURT

RIZKY SINGGIH PRATOMO SODIQ, 061411133052 (2019) TINGKAT KESUKAAN PANELIS TERHADAP RASA DAN KEEMPUKAN DAGING KAMBIN PERANAKAN ETTAWA (Capra hircus) PANGGANG YANG TELAH DIRENDAM DALAM JUICE ANGGUR MERAH (Vitis vinifera linn.) DAN PLAIN YOGHURT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (126kB)
[img] Text (Fulltext)
KH 23 19 Sad t.pdf
Restricted to Registered users only until 1 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kesukaan panelis terhadap kualitas sifat organoleptik, serta perubahan nilai pH daging kambing peranakan ettawa (Capra hircus) panggang yang telah direndam dalam juice anggur merah (Vitis vinifera linn.) dan plain yoghurt. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Hewan Coba Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga pada bulan Maret sampai dengan April 2018. Penelitian ini mengunakan beberapa bahan yaitu daging kambing peranakan ettawa (Capra hircus) beku, perendam juice anggur merah (Vitis vinifera linn.) dan plain yoghurt bermerek dagang “ Bio Kul”. Serta beberapa bahan bumbu pelengkap yaitu : garam, merica, mentega, ketumbar dan bawang putih. Beberapa alat yang digunakan adalah microwave, pisau daging, sarung tangan, pH paper, timbangan, kotak penyimpan makanan, piring, alas pemanggang, mixer buah anggur, alas pemotong daging, sumpit dan capit makanan. Pengukuran nilai pH daging kambing dilakukan dengan pH paper. Pengukuran dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah daging direndam dalam juice anggur merah (Vitis vinifera linn.) dan plain yoghurt. Uji sifat organoleptik yang dilakukan adalah uji kesukaan (uji hedonik) yang meliputi rasa, aroma, warna, tekstur dan keempukan (Soeparno, 2009). Penilaian sifat organoleptik dilakukan oleh panelis kategori panelis agak terlatih, merupakan sekelompok mahasiswa atau staf peneliti yang dijadikan panelis secara musiman atau hanya kadang-kadang (Soekarto, 2002). Setiap perlakuan membutuhkan panelis sebanyak 6 orang, setiap orang menilai satu sampel ulangan setiap perlakuan. Total pada 3 perlakuan dibutuhkan sebanyak 18 orang panelis. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan masing-masing perlakuan 6 ulangan. Data pH yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan analisis sidik ragam (Anova). Selanjutnya apabila perlakuan menunjukkan pengaruh yang nyata (p<0,05), maka dilanjutkan dengan Uji duncan. Data hasil penilaian organoleptik berupa aroma, warna, dan keempukan daging diolah menggunakan uji kruskal wallis, untuk mengetahui kelompok perlakuan yang saling berbeda makna pada uji fiedman maka dilanjutkan dengan uji mann whitney., sedangkan data hasil penilaian organoleptik berupa rasa diolah menggunakan Correspondence analysis. Daging kambing peranakan ettawa (Capra hircus) yang direndam dalam juice anggur merah (Vitis vinifera linn.) dan plain yoghurt memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata terhadap nilai pH. Daging kambing peranakan ettawa (Capra hircus) yang direndam dalam juice anggur merah (Vitis vinifera linn.) dan plain yoghurt memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata pada tingkat kesukaan panelis terhadap warna dan keempukan daging, sedangkan pengaruh berbeda nyata terhadap aroma. Tingkat kesukaan panelis terhadap rasa daging kambing peranakan ettawa (Capra hircus) dan plain yoghurt menunjukkan rasa yang dominan dirasakan yaitu sedap, asin, dan terasa herbal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH.23/19 Sad t
Uncontrolled Keywords: Goats, red grape juice, plain yogurt, pH, organoleptic
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF380-388 Goats
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
RIZKY SINGGIH PRATOMO SODIQ, 061411133052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Hidanah, Dr. , Ir., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 01 Mar 2019 07:56
Last Modified: 01 Mar 2019 07:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80656
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item