Respon Konsumen di Surabaya Terhadap Brand Image Jamu Iboe Natural Drink dalam Upaya Brand Repositioning oleh PT Jamu Iboe Jaya

Farah Sofia Tamara, 071511533065 (2019) Respon Konsumen di Surabaya Terhadap Brand Image Jamu Iboe Natural Drink dalam Upaya Brand Repositioning oleh PT Jamu Iboe Jaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.14 19 Tam r.pdf

Download (122kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.14 19 Tam r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.14 19 Tam r.pdf

Download (245kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus pada penelitian ini adalah untuk meneliti respon konsumen di Surabaya terhadap brand image Jamu Iboe Natural Drink dalam upaya brand repositioning oleh PT Jamu Iboe Jaya. Dengan melihat atribut-atribut tangible dan intangible dari produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur kepada sebelas orang informan yang terdiri dari satu orang dari pihak perusahaan serta sepuluh orang informan yaitu konsumen Iboe Natural Drink. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan informan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif sehingga hasil wawancara yang kemudian dianalisis menjadi data dalam penelitian. Teori yang digunakan yaitu brand repositioning, brand image, dan brand response yang dikemukakan oleh Keller berdasarkan Customer Based Brand Equity model. Hasil dari analisis deskriptif penelitian ini adalah respon konsumen terhadap brand image Jamu Iboe dilihat melalui dua aspek yaitu tangible dan intangible attributes. Yaitu atribut kemasan, rasa, dan cara penyajian, sedangkan atribut intangible didapatkan dari aspek pengalaman konsumen terhadap Iboe Natural Drink yang meliputi konsumsi produk dan bagaimana kaitannya dengan perasaan yang dihasilkan. Brand image Iboe Natural Drink dipandang sebagai produk jamu yang modern, praktis, dan inovatif, sehingga dengan inovasi rasa yang tidak pahit dan bentuk kemasan yang modern direspon oleh konsumen yaitu Jamu Iboe mampu menyesuaikan dengan perkembangan, sehingga upaya yang dilakukan mampu untuk mengubah pandangan konsumen terutama anak muda dalam mengasosiasikan jamu. Dengan tidak lagi menganggap jamu memiliki rasa yang pahit dan kuno.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.14/19 Tam r
Uncontrolled Keywords: Respon konsumen, Brand image, Brand repositioning.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Farah Sofia Tamara, 071511533065UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatih Puspa, S.Sos., MA., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 02 Mar 2019 07:46
Last Modified: 02 Mar 2019 07:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80669
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item