REPRESENTASI ANAK- ANAK MALUKU DALAM FILM CAHAYA DARI TIMUR “BETA MALUKU” (2014)

MUHAMMAD YUSRI, 071311533045 (2019) REPRESENTASI ANAK- ANAK MALUKU DALAM FILM CAHAYA DARI TIMUR “BETA MALUKU” (2014). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.15 19 Yus r.pdf

Download (116kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.15 19 Yus r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.15 19 Yus r.pdf

Download (405kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini tentang representasi anak-anak Maluku dalam film Cahaya dari Timur Beta Maluku. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan representasi anak-anak Maluku dalam film Cahaya dari Timur Beta Maluku. Signifikansi dalam penelitian ini yaitu didasarkan pada adanya indikasi marginalisasi anak-anak Maluku yang selama ini diidentikan dengan konflik yang berujung dengan kekerasan terhadap anak-anak. Dan juga peneliti memilih kota Maluku karena, Maluku merupakan bagian dari Indonesia timur yang mengalami diskriminasi, yang kurang populer dari Papua, karena masyarakat terpusat perhatiannya pada Papua, padahal Maluku juga mengalami banyak bentuk permasalahan. Salah satunya, Maluku merupakan kota penghasil pemain-pemain sepak bola ternama, yang bertempat di desa Tulehu Maluku. Penelitian ini menggunakan tinjauan pustaka berupa film sebagai praktik sosial, representasi anak-anak Maluku, semiotika film Christian Metz, dan grammar of the film. Tinjauan pustaka tersebut digunakan untuk menemukan identitas anakanak Maluku dalam film. Peneliti menggunakan metode analisis semiotik milik Christian Metz dengan tipe penelitian kualitatif. Peneliti meneliti tanda-tanda dalam film melalui sintagma dan paradigma dalam film kemudian dikaitkan dengan grammar of the film untuk mencari representasi anak-anak dalam film. Kesimpulan dari penelitian iniyaitu identitas anak-anak Maluku dalam representasinya di film Cahaya dari Timur Beta Maluku menghadirkan Maluku sebagai kota sepak bola, pembentukan karakter anak yang berkaitan dengan nilai maskulin, agama tidak ditempatkan menjadi suatu hal yang sakral, ketergantungan terhadap orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.15/19 Yus r
Uncontrolled Keywords: anak-anak, Maluku, film Cahaya dari Timur Beta Maluku, semiotik Christian Metz
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7120-7197 Persons > K7155-7197 Domestic relations. Family law > K7181-7197 Parent and child. Guardian and ward
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD YUSRI, 071311533045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med., Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 02 Mar 2019 08:36
Last Modified: 02 Mar 2019 08:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80671
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item