HUBUNGAN ANTARA PENERANGAN DI TEMPAT KERJA DAN KARAKTERISTIK PEKERJA DENGAN KELUHAN KELELAHAN MATA (Studi Pada Penjahit Bordir di CV “X” BANGIL-PASURUAN)

DHITA MAKHSUNAH PURWANINGTYAS, 101511123059 (2019) HUBUNGAN ANTARA PENERANGAN DI TEMPAT KERJA DAN KARAKTERISTIK PEKERJA DENGAN KELUHAN KELELAHAN MATA (Studi Pada Penjahit Bordir di CV “X” BANGIL-PASURUAN). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (60kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 5 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penerangan yang tidak sesuai dengan standar dapat menyebabkan gangguan kesehatan salah satunya adalah gangguan kelelahan pada mata. Kelelahan mata merupakan salah satu akibat dari penerangan yang tidak sesuai standar. Selain itu, karakteristik pekerja juga turut berperan dalam terjadinya kelelahan mata tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penerangan di tempat kerja dan karakteristik pekerja dengan keluhan kelelahan mata pada penjahit bordir di CV “X” Bangil, Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain studi crosssectional. Populasi penelitian adalah seluruh penjahit bordir di CV “X” Bangil, Pasuruan sebanyak 122 pekerja. Sampel penelitian diambil dengan metode Simple Random Sampling dan diperoleh 55 pekerja. Data dikumpulkan dengan mengukur pencahayaan menggunakan alat ukur luxmeter. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan uji Uji Fisher’s Exact. Hasil pengukuran penerangan menunjukkan bahwa intensitas penerangan baik umum maupun lokal masih di bawah Nilai Standar. Kualitas penerangan ditunjukkan oleh sebagian besar pekerja mengalami gangguan kesilauan, gangguan bayangan dan ketidaksesuaian dekorasi tempat kerja. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai p semua variabel > α (0,05). Terdapat hubungan yang signifikan antara penerangan di tempat kerja dan karakteristik pekerja dengan kelelahan mata. CV “X” perlu untuk membuat jadwal pemeliharaan dan pembersihan lampu, armatur, jendela dinding, lantai dan meja kerja. Selain itu, perlu meningkatkan intensitas penerangan di tempat kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 56/19 Pur h
Uncontrolled Keywords: lighting, worker characteristics, eyestrain
Subjects: T Technology > TR Photography > TR590-620 Lighting
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
DHITA MAKHSUNAH PURWANINGTYAS, 101511123059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdul Rohim Tualeka, Dr. , Drs., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2019 03:59
Last Modified: 05 Mar 2019 03:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80738
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item