FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN BIDAN TERHADAP PELAKSANAAN SOP DETEKSI DINI PRE EKLAMSIA (Studi di Kecamatan Tambaksari, Kenjeran, Semampir)

EFVINA GOEMAWATI, 101611123070 (2019) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN BIDAN TERHADAP PELAKSANAAN SOP DETEKSI DINI PRE EKLAMSIA (Studi di Kecamatan Tambaksari, Kenjeran, Semampir). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 6 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyebab utama kematian ibu di Surabaya adalah pre eklamsia atau hipertensi pada masa kehamilan. Presentase penyebab AKI karena Pre eklamsia masih menjadi yang tertingi yaitu 23,52%. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor yang mempengaruhi kepatuhan bidan terhadap pelaksanaan SOP deteksi dini pre eklamsia di Kecamatan Tambaksari, Kenjeran, Semampir. Penelitian ini adalah penelitian analitik bersifat observasional dengan rancang bangun penelitian ini adalah cross sectional study. Sampel penelitian adalah bidan yang berjumlah 38 orang yang telah dipilih dengan metode simple random sampling Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu faktor karakteristik individu meliputi status kepegawaian dan lama kerja dan faktor sosiokognitif yaitu Social Influence, Facilitating Organization, Exemplary Behavior, Individual Constrain, Organizational Constrain, Intention dan variabel dependen adalah Kepatuhan Pelaksanaan SOP deteksi dini pre eklamsia. Uji pengaruh yang digunakan dengan Uji Binary Logistic Regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 38 bidan yang dinilai kepatuhannya ternyata sebayak (28,9%) bidan memiliki kepatuhan terhadap pelaksanan SOP deteksi dini rendah, dan sebanyak (71,1%) memiliki kepatuhan tinggi. Hasil uji pengaruh terhadap variabel independent diketahui terdapat dua variabel yang berpengaruh terhadap pelaksanaan SOP deteksi dini pre eklamsia yaitu pada variabel exemplary behavior dan individual constraints. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor yang berperan dalam mempengaruhi kepatuhan bidan terhadap pelaksanaan SOP deteksi dini pre eklamsia yaitu variabel exemplary behavior dan individual constraints. Semakin baik nilai exemplary behavior demakin tinggi kepatuhan dan semakin tinggi individual constraints maka akan semakin rendah pula kepatuhan bidan dalam pelaksanaan SOP deteksi dini pre eklamsia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 59/19 Goe f
Uncontrolled Keywords: Compliance, Midwives, Early detection of pre eclampsia
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
EFVINA GOEMAWATI, 101611123070UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2019 06:46
Last Modified: 06 Mar 2019 06:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80809
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item