HUBUNGAN KARAKTERISTIK, KERAGAMAN PANGAN DAN FOOD COPING STRATEGY DENGAN SKOR KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA DI DAERAH PESISIR TERISOLIR KABUPATEN SIDOARJO (Studi Penelitian di Dusun Kalikajang, Kelurahan Gebang, Kecamatan Sidoarjo)

AISYAH FITRIA SUSANTI, 101611123109 (2019) HUBUNGAN KARAKTERISTIK, KERAGAMAN PANGAN DAN FOOD COPING STRATEGY DENGAN SKOR KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA DI DAERAH PESISIR TERISOLIR KABUPATEN SIDOARJO (Studi Penelitian di Dusun Kalikajang, Kelurahan Gebang, Kecamatan Sidoarjo). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (60kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 6 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seperti yang diketahui bahwa di daerah pesisir di Indonesia masih banyak terdapat kasus kerawanan pangan, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya, kurangnya pendapatan rumah tangga, keterbatasan informasi rumah tangga akan pangan bergizi karena pendidikan rendah, pengeluaran untuk pangan, konsumsi pangan yang tidak beragam dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik, keragamam pangan dan coping strategy rumah tangga di daerah pesisir terisolir di Dusun Kalikajang, Kelurahan Gebang, Kecamatan Gebang, Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional dengan desain penelitian cross sectional study. Besar sample sebanyak 52 rumah tangga yang tinggal di wilayah Dusun Kalikajang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan tokoh pemerintahan terkait dengan gambaran umum dan kondisi di wilayah penelitian, serta wawancara kuesioner kepada responden dengan menggunakan kuesioner terskruktur dan instrument kuesioner HDDS, RCSI dan US-HFSSM. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar pendidikan pengurus rumah tangga adalah tamat SD/sederajat. Sebagian besar pekerjaan kepala keluarga adalah sebagai buruh tambak, dan merangkap petani tambak untuk mengambil sisa panen lalu dijual dan dikonsumsi sendiri. Sebagian besar rumah tangga berpenghasilan menengah, yaitu berkisar antara Rp. 1.500.00,- sampai dengan Rp. 2.500.000,-. Sebagian besar rumah tangga memiliki pangsa pengeluaran untuk pangan ≥60%. Sebagian besar rumah tangga memiliki skor HDDS Sedang (4-5 jenis bahan pangan) dan sebagian besar melakukan medium coping strategy (7-8).Pada pengujian hubungan semua variabel independen dan variabel dependen menggunakan uji regresi logistik, didapatkan hasil variabel yang paling berpengaruh positif terhadap skor ketahanan pangan rumah tangga adalah pendapatan sedang (Sig. 0.00) dengan odds ratio 0.054 yang berarti rumah tangga yang memiliki pendapatan sedang (Rp. 1.500.00,- sampai dengan Rp. 2.500.000,-) lebih besar kemungkinan 18,5 kali untuk tidak mengalami kerawanan pangan. Hubungan positif menunjukkan bahwa dengan semakin meningkatnya pendapatan rumah tangga maka tingkat ketahanan pangan pangan rumah tangga akan semain baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 64/19 Sus h
Uncontrolled Keywords: Household Food Security, Food Diversity, Food Coping Strategy
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
AISYAH FITRIA SUSANTI, 101611123109UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrias Mahmudiono, S.KM., M.PH., GCAS, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2019 07:06
Last Modified: 06 Mar 2019 07:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80814
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item