HUBUNGAN PERILAKU PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT, STATUS PERIODONTAL, DAN INDEKS KEPUASAN PADA KOMUNITAS BERISIKO HIV/AIDS

RIDDO ADLI RUDHANTON, 021511133122 (2019) HUBUNGAN PERILAKU PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT, STATUS PERIODONTAL, DAN INDEKS KEPUASAN PADA KOMUNITAS BERISIKO HIV/AIDS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (15kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 12 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Puskesmas merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang ditunjuk pemerintah sebagai penyedia layanan Voluntary Consulting and Testing atau dapat disingkat VCT di Surabaya. Kualitas yang baik dalam pelayanan akan menumbuhkan minat penderita untuk datangdan berobat. Intensitas kunjungan pasien pada kesempatan berikutnya, utamanya dalam layanan HIV merupakan hal yang penting.Tujuan:Menganalisis hubungan antara pengetahuan dan sikap komunitas beresiko HIV/AIDS terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di kota Surabaya. Metode: Penelitian ini merupakan analitik observasional cross sectional yang dilakukan di beberapa puskesmas di kota Surabaya dengan 67 sampel yang termasuk ke dalam individu yang pernah melakukan hubungan seksual dengan sejenis. Pengumpulan data didapatkan dari kuesioner kemudian diuji menggunakan uji korelasi. Hasil:. Distribusi perilaku kesehatan menjaga kesehatan gigi dan muluit pasien tertinggi pada usia remaja akhir (25-35), rata-rata responden yang bekerja sebagai swasta dan pendapatan responden yang sekitar 1-2 juta rupiah. Responden memiliki nilai kepuasan yang cukup dari 58,7% responden sudah merasa cukup puas Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pengetahuan, tindakan, dan perilaku menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan Indeks kepuasan pada populasi rentan HIV/AIDS. Tidak ada hubungan antara status periodontal Bleed On Probing (BOP), pocket, dan kehilangan perlekatan) dengan perilaku menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 68/19 Rud i
Uncontrolled Keywords: Service Quality, Oral Hygiene, Periodontal Status
Subjects: R Medicine
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
RIDDO ADLI RUDHANTON, 021511133122UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTitiek Berniyanti, Dr.,drg.,M.kesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Mar 2019 03:14
Last Modified: 12 Mar 2019 03:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80902
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item