Reinterpretasi Seksualitas dalam Bingkai Simbol-Simbol Agama pada Novel God in Pink Karya Hasan Namir

FITRIA ZAHRINA PUTRI, 121714153014 (2019) Reinterpretasi Seksualitas dalam Bingkai Simbol-Simbol Agama pada Novel God in Pink Karya Hasan Namir. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (108kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 12 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Objek penelitian ini adalah novel berjudul God in Pink (2015). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil pemaknaan ulang terhadap seksualitas yang dihadirkan bersamaan denngan simbol-simbol agama yang dijungkirbalikkan. Sebagai contoh, hadirnya Malaikat Jibril yang seluruh badannya berwarna pink dan mendukung homoseksualitas serta seorang Sheikh yang nantinya berubah menjadi homoseksual dan menyebut dirinya sebagai Sheikh in Pink. Penggambaran simbolsimbol agama seperti Tuhan, Sheikh dan Malaikat yang biasanya dilekatkan dengan atribut maskulin disini juga menjadi banyak disejajarkan dengan warna pink dan perwujudan feminine. Teori yang digunakan adalah teori Semiotik milik Michael Riffaterre. Ada banyak hubungan intertekstualitas dalam novel dengan agama Islam dan Judaisme, yang mengungkap adanya kisah kenabian dengan warna ajaran baru di dalam novel. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan metode pembacaan semiotik. Hasil penelitian menunjukkan adanya: (1) upaya penghapusan tangga hierarkis yang tidak lagi membuat heteroseksual menjadi lebih superior daripada homoseksual, dan (2) konstruksi religiusitas yang tidak harus bergantung kepada ekspresi gender atau seksualitas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TKSB 06/19 Put r
Uncontrolled Keywords: Intertextual, Reinterpretation, Sexuality, Semiotics, Religious Symbols
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ19-30.7 Sexual behavior and attitudes. Sexuality
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > S2 Kajian Sastra dan Budaya
Creators:
CreatorsNIM
FITRIA ZAHRINA PUTRI, 121714153014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDede Oetomo, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Mar 2019 06:42
Last Modified: 12 Mar 2019 06:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80931
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item