PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA MELALUI KEPUASAN KERJA PADA GURU DI SD MUHAMMADIYAH 1 KRIAN

PRISTIANDI TEGUH CAHYA, 091514253008 (2019) PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA MELALUI KEPUASAN KERJA PADA GURU DI SD MUHAMMADIYAH 1 KRIAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
TPS. 08-19 Cah p Abstrak.pdf

Download (17kB)
[img] Text (Fulltext)
TPS. 08-19 Cah p.pdf
Restricted to Registered users only until 13 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

SD Muhammadiyah 1 Krian merupakan salah satu sekolah pilihan di Kecamatan Krian atau Kabupaten Sidoarjo bagian barat. Meskipun demikian, budaya disiplin guru masih kurang hal ini terlihat pada kultur budaya sekolah yang tradisional, sehingga prestasi sekolah semestinya dapat dioptimalkan menjadi kurang dinamis. Berdasarkan observasi dan data yang diperoleh ditemukan beberapa masalah di SD Muhammadiyah 1 Krian, baik segi internal maupun eksternal. Permasalahan tersebut berkaitan erat dengan kinerja guru, jumlah prestasi siswa, culture dan habit sekolah, inovasi pembelajaran, dan belum maksimalnya komunikasi serta kerjasama dengan pihak luar. Kinerja guru juga ditentukan oleh disiplin kerja yang tinggi. Dengan demikian sekolah yang di dalam proses belajar-mengajar tumbuh kedisiplinan, akan berfungsi sebagai pembentuk nilai dan norma individu, penguasaan diri, sikap dan tanggung jawab bagi guru. Kurang disiplinnya guru-guru dalam melaksanakan tugas, seperti datang ke sekolah terlambat, bersikap masa bodoh terhadap siswa berakibat kualitas peserta didik menjadi rendah. Berdasarkan permasalahan diatas, mendorong peneliti untuk meneliti tentang pengaruh disiplin dan beban kerja guru terhadap kinerja guru pada SD Muhammadiyah 1 Krian Kabupaten Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pengaruh disiplin kerja dan beban kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SD Muhammadiyah 1 Krian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe eksplanatif guna menjelaskan pengaruh antar variabel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling berjumlah 46 orang sebagai responden didalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan antara lain data primer (menggunakan angket/kuisioner), data sekunder (data yang dimiliki SD Muhammadiyah 1 Krian), studi observasi (pengamatan langsung dan tak langsung), dan studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang berfungsi untuk menguji hipotesis. Uji asumsi klasik yang digunakan antara lain : uji autokorelasi, uji multikolinieritas, uji normalitas data, uji heteroskedastisitas. Kemudian digunakan pula uji F, uji t, dan koefisien determinasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS. 08-19 Cah p
Uncontrolled Keywords: Disiplin Kerja, Beban Kerja, Kinerja, Guru
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators > LB2165-2278 Teacher training in universities and colleges
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Creators:
CreatorsNIM
PRISTIANDI TEGUH CAHYA, 091514253008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNovri Susan, S.Sos, M.A. PhDUNSPECIFIED
Thesis advisorBagong Suyanto, Prof. Dr., Drs. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 13 Mar 2019 06:42
Last Modified: 13 Mar 2019 06:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80972
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item