EKSPRESI ALKALINE PHOSPATASE DAN TGF-β PADA KULTUR SEL OSTEOBLAS PASCA PEMBERIAN KOLAGEN SISIK IKAN GURAMI (OSPHRONEMUS GOURAMY)

I GUSTI NGURAH AGUNG GEDE DWIJA PUTRA, 021618056303 (2019) EKSPRESI ALKALINE PHOSPATASE DAN TGF-β PADA KULTUR SEL OSTEOBLAS PASCA PEMBERIAN KOLAGEN SISIK IKAN GURAMI (OSPHRONEMUS GOURAMY). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (341kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 13 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Kolagen sisik ikan gurami tidak memiliki efek sitotoksik dan memiliki viabilitas yang baik terhadap sel osteoblas. Dari serangkaian uji karakteristik, kolagen sisik ikan gurami memenuhi syarat sebagai scaffold, sehingga berpotensi sebagai biomaterial graft yang dapat diaplikasikan dalam rekayasa jaringan. Penggunaan graft sangat dibutuhkan dalam meningkatkan keberhasilan terapi regenerasi. Tujuan: Untuk mengetahui peningkatan proliferasi sel osteoblas yang diinduksi secara langsung oleh kolagen sisik ikan gurami dengan mengamati apakah ada peningkatan ekspresi alkaline fosfatase (ALP) dan transforming growth factor-β (TGF-β). Metode: Kolagen sisik ikan gurami dihidrolisa secara enzimatis menjadi peptida kolagen untuk meniru proses biodegradasi kolagen di dalam jaringan tubuh. Empat macam konsentasi peptida kolagen sisik ikan gurami yang berbeda dipaparkan pada kultur sel osteoblas, kemudian diamati ekspresi ALP and TGF-β pada 24, 48, dan 72 jam. Hasil: Analisa manova dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05) dan analisa Tukey HSD menunjukkan bahwa masing-masing pengamatan berdasarkan waktu dan pengamatan berdasarkan perlakuan pemberian peptida kolagen sisik ikan gurami dengan berbagai konsentrasi, menghasilkan ekspresi ALP and TGF-β yang berbeda signifikan. Kesimpulan: Terdapat peningkatan ekspresi ALP and TGF-β pada kultur sel osteoblas pasca pemberian kolagen sisik ikan gurami.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDG Peri 12/19 Put e
Uncontrolled Keywords: collagen, gouramy scales, ALP, TGF-β
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK641-667 Prosthetic dentistry. Prosthodontics
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Periodontics
Creators:
CreatorsNIM
I GUSTI NGURAH AGUNG GEDE DWIJA PUTRA, 021618056303UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorChiquita Prahasanti, Prof. Dr. , drg, Sp.Perio (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2019 08:56
Last Modified: 13 Mar 2019 08:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80996
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item