PENGARUH PSYCHOLOGICAL CAPITAL DAN TIME PERSPECTIVE TERHADAP SUBJECTIVE WELL BEING DENGAN PERCEIVED STRESS SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR PADA WIRAUSAHA DI SURABAYA

Icchami Tasya Wardhana, 111614153013 (2019) PENGARUH PSYCHOLOGICAL CAPITAL DAN TIME PERSPECTIVE TERHADAP SUBJECTIVE WELL BEING DENGAN PERCEIVED STRESS SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR PADA WIRAUSAHA DI SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak TPsi 09 19 War p.pdf

Download (513kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext TPsi 09 19 War p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung dari psychological capital dan time perspective terhadap subjective well being dengan perceived stress sebagai mediator pada wirausaha di Surabaya. Data penelitian ini diperoleh dari 127 wirausaha yang ada di Surabaya. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah gabungan ddari purposive sampling dan snowball sampling. Penelitian ini menggunakan skala psychological capital questionnaire yang dikembangkan oleh Luthans, dkk., (2007) dengan reliabilitas sebesar 0,866, skala short zimbardo time perspective inventory yang dikembangkan oleh Zhang (2013) dengan reliabilitas sebesar 0,982, skala satisfaction with life scale yang dikembangkan oleh Diener (1985) dengan reliabilitas sebesar 0,721, dan skala perceived stress scale yang dikembangkan oleh Cohen dan Williamson (1988) dengan reliabilitas sebesar 0,834. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung dari psychological capital terhadap subjective well being wirausaha. Selain itu juga terdapat pengaruh dari psychological capital terhadap subjective well being dengan perceived stress sebagai mediator pada wirausaha di Surabaya. Selain itu tidak ditemukan pengaruh langsung pada dimensi time perspective dan subjective well being pada wirausaha di Surabaya. Pengaruh tidak langsung dari dimensi past negative time perspective pada subjective well being dengan perceived stress sebagai mediator ditemukan signifikan dalam penelitian ini, sementara dimensi past positive, present hedonistic, present fatalistic, dan future time perspective tidak memiliki pada subjective well being dengan perceived stress sebagai mediator ditemukan tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPsi 09/19 War p
Uncontrolled Keywords: Psychological Capital, Time Perspective, Subjective Well Being, Wirausaha
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HB Economic Theory > HB615-715 Entrepreneurship
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Icchami Tasya Wardhana, 111614153013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFajrianthi, Dr., M.Psi., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 14 Mar 2019 01:35
Last Modified: 14 Mar 2019 01:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81001
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item