STRUKTUR LEGENDA JOKO TOLE: PISAU LEVI-STRAUSS (Studi Folklor Lisan Desa Terrak dan Desa Mangar Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, Madura)

ASIZAH AFANDI, 071511733063 (2019) STRUKTUR LEGENDA JOKO TOLE: PISAU LEVI-STRAUSS (Studi Folklor Lisan Desa Terrak dan Desa Mangar Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, Madura). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.06 19 Afa s.pdf

Download (234kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.06 19 Afa s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Folklor lisan merupakan produk budaya yang dimiliki suatu kolektif sebagai identitas diri, salah satunya yaitu legenda. Umumnya, legenda Joko Tole merupakan legenda besar di Madura yang sudah dikenal oleh Nusantara. Masyarakat Desa Terrak dan Desa Mangar Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan juga memiliki tokoh legenda yang sama yakni legenda Joko Tole. Pentingnya penelitian ini yaitu menemukan hubungan antara legenda Joko Tole di Nusantara dan legenda Joko Tole Desa Terrak-Desa Mangar sebagai bentuk adanya kesamaan pola pikir manusia yang nirsadar. Tujuan dari penelitian ini yaitu memperkaya pengumpulan folklor lisan dengan harapan cerita tersebut tidak menghilang. Penelitian ini terfokus pada menemukan struktur cerita legenda Joko Tole. Penelitian folklor ini menggunakan metode folklor melalui observasi partisipan dan wawancara mendalam untuk menemukan sejarah lisan sedangkan studi pustaka untuk menemukan sejarah tertulis. Penelitian ini menggunakan teori milik Claude Levi-Strauss yaitu strukturalisme untuk mengungkapkan struktur yang ada dalam legenda Joko Tole. Hasil yang didapat selama penelitian yaitu cerita legenda Joko Tole dalam dua versi, cerita sejarah Desa Terrak-Desa Mangar yang merupakan satu buyut, dan cerita peninggalan sumur Joko Tole sebagai bukti dari adanya Joko Tole. Hasil analisis data dengan pisau strukturalisme, penelitian ini menemukan relasi dan oposisi binary dalam struktur legenda Joko Tole melalui pembedahan episode dan penyusunan miteme. Selain itu, ini juga menemukan bahwa adanya kesamaan struktur mengenai pembuatan sumber mata air sebagai gambaran masalah ekologis masyarakat Madura, khususnya Desa Terrak dan Desa Mangar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.06/19 Afa s
Uncontrolled Keywords: folklor lisan, legenda Joko Tole, strukturalisme Levi-Strauss
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
ASIZAH AFANDI, 071511733063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Adi Prasetyo, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 15 Mar 2019 03:34
Last Modified: 18 Dec 2019 05:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81078
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item