PENERAPAN HYBRID BAT ALGORITHM (BA) DAN SIMULATED ANNEALING (SA) UNTUK MENYELESAIKAN OPEN VEHICLE ROUTING PROBLEM (OVRP)

REZA ANDIKA AGMONO ASDI, 081311233055 (2019) PENERAPAN HYBRID BAT ALGORITHM (BA) DAN SIMULATED ANNEALING (SA) UNTUK MENYELESAIKAN OPEN VEHICLE ROUTING PROBLEM (OVRP). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (58kB)
[img] Text (FULL TEXT)
MPM. 15-19 Asd p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Open Vehicle Routing Problem (OVRP) adalah variasi dari Vehicle Routing Problem (VRP) dimana kendaraan tidak harus kembali ke depot setelah melayani pelanggan terakhir. Aplikasi dikehidupan nyata terhadap Open Vehicle Routing Problem (OVRP) berfokus pada masalah dimana perusahaan yang tidak memiliki kendaraan sama sekali atau kendaraan perusahaan tidak mencukupi untuk pendistribusian produk ke konsumen. Didalam kedua permasalahan tersebut perusahaan harus menyewa beberapa kendaraan untuk merealisasikan pendistribusian produk. Algoritma kelelawar digunakan untuk menyelesaikan open vehicle routing problem. Didalam algoritma kelelawar, terdapat proses pencarian solusi dipersekitaran solusi terbaik disebut local search oleh karena itu terdapat kemungkinan solusi dapat terjebak pada minimum lokal. Simulated annealing dapat digunakan untuk memperbaiki solusi open vehicle routing problem dan keluar dari jebakan minimum lokal. Program yang digunakan untuk menyelesaikan OVRP dengan algoritma kelelawar dan simulated annealing adalah Borland C++ dan diimplementasi menggunakan 3 contoh kasus, data kecil dengan 12 pelanggan, data sedang 50 pelanggan dan data besar 100 pelanggan. Berdasarkan hasil implementasi diperoleh solusi terbaik untuk data berukuran kecil adalah 279.6 €, data berukuran sedang adalah 808.8 €, data berukuran besar adalah 1608.6 €, dan dapat disimpulkan bahwa semakin banyak jumlah iterasi, semakin banyak jumlah kelelawar dan semakin kecil nilai α2 cenderung mempengaruhi biaya minimal yang didapat. Kata kunci: Algoritma Kelelawar, Simulated Annealing, Vehicle Routing Problem (VRP), Open Vehicle Routing Problem (OVRP).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM. 15/19 Asd p
Uncontrolled Keywords: Algoritma Kelelawar, Simulated Annealing, Vehicle Routing Problem (VRP), Open Vehicle Routing Problem (OVRP).
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
REZA ANDIKA AGMONO ASDI, 081311233055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr. , M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorAuli Damayanti, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 15 Mar 2019 03:32
Last Modified: 15 Mar 2019 03:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81079
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item